Gubernur Jatim Kunjungi Warga Terdampak Gempa di Blitar

SURABAYAPAGI, Blitar- Akibat gempa 5.8 SR goncang Blitar pada Jumat (21/5) malam mengaibatkan sejumlah bangunan rumah warga termasuk Fasum (Fasilitas Umum) sebanyak 112 bangunan alami kerusakan ringan.

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Blitar Ahmad Cholik mengatakan kerusakan bangunan akibat gempa tersebut berada di 16 kecamatan di Kabupaten Blitar.

112 bangunan tersebut rusak ringan dan rusak sedang, termasuk rumah warga, fasilitas layanan publik (Puskesmas dan Polsek), sekolah, dan tempat ibadah.

" Data yang kami terima data asesmen sementara yang dilakukan BPBD, ada 112 bangunan rusak ringan. Kerusakan ini tersebar di 16 kecamatan,” kata Ahmad Cholik, Sabtu (22/5)siang.

Dengan rinci mantan Kabag Humas Pemkab.Blitar ini menyampaikan ke 112 Bangunan rumah maupun Fasum yang terdampak Gempa semalam (Jumat 21/5).

“Jadi secara rinci total sebanyak 112 bangunan yang kesemuanya ringan hanya satu kerusakan sedang, untuk korban baik korban jiwa nihil, hanya 1 luka ringan yang menimpa Ny. Karti warga Desa Gununggede dengan luka jahitan 2 x 7 centimeter kini masih dalam perawatan,” pungkas Ahmad Cholik pada Wartawan.

Sementara sekitar pukul 10.30 Gubernur Jawa TimurKofifah lakukan kunjungan di tiga kecamatan yng didampingi Bupati Blitar Mak Rini Syarifah, Kapolres Blitar AKBP.Leonard M Sinambela, betangkat dari Pendopo Ronggo Hadi Negoro di sertai Kepala BPBD dan beberapa kepala OPD.Pemkab.Blitar.

Kapolres Blitar AKBP.Leonard M Sìnbela dalam kesempatan itu menyampaikan kerusakan termasuk Polsek Wates, bahwa hari ini Polres Blitar bersama TNI dan Pemkab.Blitar (BPBD) juga Lenard mngatakan sejak semalam pihaknya sudah makukan pemantauan peristiwa gempa tersebut, dan pagi ini kolaborasi dengan TNI dan BPBD melakukan bantuan tenaga untuk memperbaiki rumah penduduk yang terdampak Gempa, sekaligus memberi bantuan berupa Sembako.

" Kita seudah melakukan pemantaùan situasi sejak semalam, di seluruh wilayah Kab.Blitar bersama sama dari Koramil, kantor Kecamatan dan BPBD, kali ini kita memberi bantuan tenaga untuk mmbantu warga masarakat yang terdampak,sekaligus memberikan bantuan sembako, dan saya mohon warga masarakat jangan panik,"kata Kapolres saat ikuti kunjungan Gubernur Jawa Timur Kofifah bersama Bupati Blitar Mak Rini.

Kunjungan Gubernur juga menyempatkan bèrkunjung kerumah Mbah Karti, yang sebelumnya dempat berkeliling di tiga Kecamatan wikayah Blitar Selatan. Gubernur Kofifah mengatakan pihaknya segera akan melakukan pendataan di seluruh Wilayah, untuk lakukan pembenahan atau bantuan kepada warga masarakat, serta mengharapkan bila ada gempa sewaktu waktu segera keluar rumah demi keselamatan.

"Kami terus melakukan koordinasi sewaktu waktu dngan Pihak BMKG, walau gempa bisa sewaktu waktu,terjadi untuk itu saya wanti wanti selalu waspada dan tidak mempercayai berita berita Hoax tentang Gempa."Kata Gubernur Kofifah. Les