Gubernur Khofifah Bahas Potensi Kerja Sama UK-Jatim di 4 Sektor

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 08 Jun 2023 10:51 WIB

Gubernur Khofifah Bahas Potensi Kerja Sama UK-Jatim di 4 Sektor

i

Gubernur Khofifah saat menyambut Richard Graham di Surabaya, Selasa (6/6/2023). Foto: Pemprov Jatim.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa mengadakan pertemuan dengan The UK Prime Minister's Trade Envoy to Indonesia, Malaysia, Philippines, and the Asean Economic Community Richard Graham MP di Surabaya pada Selasa (6/6/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Khofifah membahas potensi kerjasama Britania Raya dengan Jawa Timur di bidang kesehatan, pendidikan, transportasi serta energi baru terbarukan.

Baca Juga: 217 Pos Kesehatan Tersebar di 35 Kabupaten/Kota Jatim Selama Musim Mudik Lebaran

Berdasarkan data sensus penduduk tahun 2020, Khofifah menyampaikan bahwa Jawa Timur merupakan provinsi dengan jumlah penduduk terbesar kedua di Indonesia yakni mencapai 40,6 juta jiwa. Dalam sektor perdagangan, Jawa Timur memiliki pengaruh yang kuat terhadap 20 provinsi, terutama di wilayah Indonesia Timur.

“Di Indonesia Timur, hampir 80 persen logistiknya disupport oleh Jawa Timur. Karena produksi padi di Jawa Timur merupakan yang terbesar di antara semua provinsi di Indonesia, dan populasi sapi di Jawa Timur juga merupakan yang terbanyak di antara semua provinsi di Indonesia,” jelasnya.

Mantan Menteri Sosial RI ini menuturkan, posisi Jatim terhadap provinsi lain semakin strategis dengan didukung keberadaan jalur tol laut. Dari 32 jalur tol laut di Indonesia, 27 di antaranya dari Surabaya. Sehingga, transportasi logistik laut khususnya ke Indonesia Timur menjadi lebih efektif dan lebih murah.

"Jawa Timur juga menjadi satu-satunya provinsi yang diberikan wewenang untuk mengelola pelabuhan dan bandara. Yaitu Bandara di Malang dan pelabuhan di Probolinggo. Jadi keputusan Mr. Richard untuk datang ke sini dan bertemu kami sudah sangat tepat," ujarnya.

Sementara dalam sektor kesehatan dan pendidikan, Khofifah menyebut bahwa Jatim telah menjadi pijakan bagi sebagian besar Indonesia Timur. Hal ini tentu saja dapat diperluas dengan sinergitas UK-Jatim dalam bidang pendidikan.

Baca Juga: Khofifah dan Pj Wali Kota Ali Kuncoro Serahkan Santunan 500 Anak Yatim se-Kota Mojokerto

Apalagi setelah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia Nadiem Makarim dapat meyakinkan empat puluh lima perguruan tinggi Britania Raya untuk tertarik kepada Indonesia pada kunjungan terakhirnya ke Inggris.

Kemudian, Gubernur perempuan pertama di Jatim itu dengan bangga mengatakan bahwa sektor kesehatan Jawa Timur termasuk yang unggul di Indonesia. Pasalnya, Jawa Timur diberi wewenang oleh Kementerian Kesehatan untuk melayani kesehatan bagi masyarakat Indonesia Timur.

"Pemprov Jatim punya 14 rumah sakit. Dan RS dr. Soetomo berdasarkan jumlah tempat tidur adalah yang paling banyak di Indonesia. Maka jika ada penguatan dari UK, ini akan sangat luar biasa," ungkapnya.

Sementara itu, Richard Graham menyampaikan bahwa pihakya memang mengharapkan kerjasama kuat UK-Jatim dalam bidang pendidikan, kesehatan, transportasi, energi baru terbarukan dan sektor industri perdagangan.

Baca Juga: Ungguli Surabaya, Kota Mojokerto Sabet Juara II Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Jatim

“Kami menginginkan hubungan yang semakin mendalam. Serta program perencanaan kemitraan transisi energi dan pembiayaan khusus untuk pembangunan proyek energi terbarukan. Termasuk PLN untuk tenaga surya,” ujar Richard.

Di samping itu, Richard juga menyampaikan kerjasama Inggris dengan angkatan laut Indonesia dalam stabilitas kapal penyelamat dan kapal selam. Selain itu, diskusikan juga pembahasan terkait pembangunan MRT Surabaya yang berpeluang didanai oleh Inggris.

“Jawa Timur adalah salah satu daerah paling berpotensi. Masih banyak hal yang kita bisa lakukan bersama. Entah itu dalam hubungan dagang, BUMN, pemeliharaan landasan pacu, atau kerjasama pendidikan yang menarik di Jawa Timur. Terima kasih atas sambutannya. Saya harap akan ada kerjasama lebih jauh,” paparnya. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU