Gubernur Khofifah Dukung Gelaran ITE Hybrid 2021

Gubernur Jawa Timur, khofifah Indar Parawansa, mendukung penyelenggaraan Integrated Technology Event (ITE) hybrid”, di Grand City Surabaya, Rabu (1/12/2021). SP/KOMINFO JATIM

SURABAYAPAGI, Surabaya -  Penyelenggaraan Integrated Technology Event (ITE) hybrid 2021 bertema  "Integrated Smart Infrastructure Development For Smart Cities”, telah digelar di Grand City Surabaya pada Rabu (1/12/2021). Adanya kegiatan ini mendapat dukungan langsung dari Gubernur Jawa Timur, khofifah Indar Parawansa.

‘’Kegiatan ini sangat penting guna meningkatkan, menyatukan pemikiran, serta memunculkan inovasi pemerintah kabupaten/ kota di seluruh Indonesia, terutama di Jawa Timur, dalam mewujudkan smart city’’ ujarnya. Rabu (1/12).

Menurut gubernur, saat ini Jawa Timur memasuki era green infrastructure, green economy dan green financial, yang menuntut peningkatan kinerja.

Sebagai informasi, saat ini target financial inclusion Jatim telah mencapai 92% atau melebih target yang dicanangkan presiden sebesar 90% pada 2024 mendatang. Artinya hal ini akan menjadi bagian dari penguatan pembangunan infrastruktur yang cerdas dan terpadu nasional.

Sementara Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menjelaskan, fenomena penerapan smart city di sejumlah negara banyak yang berkembang. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi ini dimanfaatkan untuk mempermudah semua urusan, termasuk pemerintahan yang efektif, yang efisien, kemudian juga pelayanan publik yang lebih baik kepada masyarakat, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Menurut  Tito, komunikasi akan lebih intens karena menggunakan teknolog, baik antara pemerintah, antar pemerintah sendiri, tingkat pusat, tingkat daerah, sampai ke tingkat kecil, komunikasi internal juga bisa lebih baik, kemudian juga komunikasi dengan masyarakat makin intens.

"Dengan teknologi informasi masyarakat mau mengadu bisa lebih cepat, dan mengurangi kontak fisik. Sehingga dapat menekan moral, mencegah korupsi dan pungli, " terangnya.

Saat ini, lanjut Tito, Indonesia sedang berupaya menerapkan digitalisasi, mulai dari tingkat pusat hingga mendorong pemerintah daerah. Namun inisiatif dari sejumlah Pemda untuk menerapkan digitalisasi IT ini juga tidak sedikit.

"Dari rekan rekan Gubernur, Bupati Walikota, bahkan Kepala Desa banyak yang melakukan terobosan, inovasi, menggunakan teknologi informasi dan komunikasi," paparnya.

ITE Hybrid Event 2021 mengambil tema "Pembangunan Infrastruktur Cerdas Terpadu Untuk Kota Cerdas/ Integrated Smart Infrastruktur Development For Smart Cities". Tito berharap, bisa memotivasi semua pihak untuk ramai raamai mendorong lahirnya Smart City di Indonesia.

Bersama Gubernur Jawa Timur, usai membuka ITE Hybrid Event 2021 yang berlangsung selama dua hari tersebut, Mendagri Tito Karnavian meninjau beberapa stan inovasi dari PLN UID Jatim,  Bank Jatim, Ditjen PPKL KLHK,    PT Toa Galva Prima Karya, dan PT Jabar Laju Transind. kom/na