Gubernur Khofifah Resmikan Jembatan Gantung Kali Regoyo Lumajang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 17 Okt 2023 19:33 WIB

Gubernur Khofifah Resmikan Jembatan Gantung Kali Regoyo Lumajang

i

Jembatan Gantung Kaliregoyo yang terletak di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Selasa (17/10).SP/kominfo lumajang

SURABAYAPAGI, Lumajang -  Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Jembatan Gantung Kaliregoyo yang terletak di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Selasa (17/10).

Jembatan Gantung Kaliregoyo ini sebelumnya terputus akibat bencana banjir lahar dingin yang terjadi pada 7 Juli 2023 lalu.

Baca Juga: Khofifah Proyeksikan Universitas Trunojoyo Madura Jadi Sentra Hilirisasi Rumput Laut dan Garam

Akibat putusnya jembatan, warga Blok Jobong dan Blok Kajang Koso di Dusun Kebondeli Selatan terisolir dan memutus aksesibilitas roda perekonomiannya.

"Kami berharap semua yang kita lakukan menambah kemudahan masyarakat, meningkatkan akses masyarakat, Insya’Allah membahagiakan masyarakat, mudah-mudahan Jawa Timur Allah anugrahkan keberkahan," ujar Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

 Jembatan konstruksi baja sepanjang 150 meter dan lebar 1,8 meter ini, pembangunannya bersumber dari APBN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat telah rampung direhabilitasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan siap digunakan oleh masyarakat.

Baca Juga: Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Jatim Dukung Khofifah di Pilgub 2024

"Tolong rawat jembatan ini, karena ini memudahkan akses panjenengan baik yang sekolah, yang berdagang, aksesibilitas hasil pertanian, di dalamnya juga dibangun tanggul Kali Mujur dan Kali Glidik, kalau ada tanggul proses yang terjadi dalam dinamika gunung api bisa diantisipasi," tutur Khofifah.

Selain meresmikan jembatan gantung Kali Regoyo, Gubernur juga meresmikan pembangunan 2 tanggul sungai, yakni tanggul Sungai Glidik di Kecamatan Tempursari dan tanggul Sungai Mujur di Kecamatan Pasrujambe. 

Dalam kesempatan yang sama, Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni mengucapkan terima kasih atas perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Timur terhadap masyarakat Lumajang yang telah merampungkan rehabilitasi Jembatan Gantung Kaliregoyo.

"Terima Kasih kepada Ibu Gubernur, Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang berkenan rawuh dan meresmikan Jembatan Gantung Kaliregoyo dan Bronjongan Kaliregoyo, mudah-mudahan ini membawa dampak positif bagi pembangunan di Lumajang," ujar Indah Wahyuni, Pj. Bupati Lumajang.

Baca Juga: Khofifah Sebut Sosok Adhy Karyono Tepat Teruskan Kepemimpinan Penjabat Gubernur Jatim

Sebelumnya, Pj. Bupati Lumajang juga telah meninjau proses pembangunan tanggul Sungai Glidik di Kecamatan Tempursari. Ia bersyukur prosesnya berjalan lancer, sehingga mampu memberikan rasa aman masyarakat terhadap potensi yang ditimbulkan apabila banjir lahar dingin kembali terjadi.

 "Kemarin kami juga meninjau ke Tempursari juga dilakukan pembangunan bronjong sepanjang 711 meter untuk menahan banjir sungai glidik, terima kasih Ibu Gubernur berkenan meresmikan jembatan sekaligus membangun bronjong kali mujur dan kali glidik, mudah-mudahan ini bisa mempermudah akses masyarakat, mempercepat laju perekonomian," pungkasnya.sb-01/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU