Gubernur Khofifah Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter 38 di Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 14 Agu 2022 10:13 WIB

Gubernur Khofifah Sambut Kedatangan Jemaah Haji Kloter 38 di Surabaya

i

Foto Ilustrasi

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Rombongan haji Kelompok Terbang (kloter) 38 yang terdiri dari 224 orang telah tiba di Asrama Haji Debarkasi Surabaya pada Sabtu (13/8/2022) pukul 11.17 WIB.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, pejabat dari Kanwil Kemenag Jatim, Kanwil Kemenkumham Jatim, dan dari instansi terkait lainnya menyambut kedatangan mereka. Para jemaah haji tersebut tiba di Surabaya menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines dengan nomor penerbangan SV 5042.

Baca Juga: Khofifah: Alhamdulillah Program Kami Efektif

 Dalam kesempatan tersebut, Khofifah membagikan bendera merah putih kepaah 224 jemaah haji dan meminta mereka untuk mengibarkannya di masing-masing rumah jemaah sebagai bentuk penguatan dalam membangun nasionalisme dan religius.

 “Kita berbagi bendera merah putih, dan kepada ketua kloter yang secara simbolis menerima, Saya berpesan supaya dikibarkan di kediaman masing-masing,” kata Gubernur Khofifah.

Sekretaris PPIH Debarkasi Surabaya Abdul Haris mengatakan, pihaknya telah menerima dan memproses kepulangan jemaah haji berjumlah 16.809 orang.

 “Perinciannya ialah 7.807 pria dan 9.002 wanita,” kata Haris.

Baca Juga: Khofifah : Antusiasme Warga jadi Penentu Masa Depan Bangsa

 Jumlah itu berkurang dari saat diberangkatkan karena terdapat 23 orang jemaah yang meninggal dunia di Tanah Suci dan dimakamkan di Arab.

 “23 jemaah dinyatakan meninggal dengan perincian, tujuh orang wafat praarmuzna, lima orang pada masa armuzna, dan 11 orang pascaarmuzna,” tutur Haris.

 Hingga kepulangan kloter 38, Haris menyatakan masih ada tiga orang jemaah haji yang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS).

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Eri Resmikan Gedung Baru PMI

 “Tiga jemaah itu berasal dari Tulungagung, Pamekasan, dan Kota Surabaya,” ujarnya.

 Sedangkan secara keseluruhan dari 38 kloter, tercatat sebanyak 42 orang swab PCR terkonfirmasi positif COVID-19. Bagi yang positif ini semua diantarkan oleh Pemprov Jawa Timur ke daerah masing-masing dengan berkordinasi dengan puskesmas terdekat.

 Gubernur Khofifah juga tak lupa menyampaikan terima kasih kepada PPIH dan semua sektor yang terlibat dalam pelaksanaan ibadah haji, karena mereka telah berkontribusi maksimal dalam pelaksanaan ibadah haji dan pelayanan kepada para jemaah. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU