Gubernur Khofifah Santuni Korban Banjir Bandang Kota Batu

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 05 Nov 2021 15:13 WIB

Gubernur Khofifah Santuni Korban Banjir Bandang Kota Batu

i

Gubernur Jatim, Dra Khofifah Indar parawansa MSi saat memberikan santunan untuk korban bencana alam banjir bandang. SP/TI/Muhammad DHani Rahman

SURABAYAPAGI, Batu - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memberikan santunan duka kepada masyarakat pada hari Jumat (5/11/2021).  Santunan duka ini duka ini diberikan pada dua warga Kota Batu yang meninggal dunia dalam bencana alam banjir bandang yang terjadi Kamis kemarin.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan masing-masing keluarga korban meninggal dunia santunan oleh sebesar Rp10 juta. Gubernur juga memberikan bantuan berupa kebutuhan bahan pokok kepada 21 warga yang rumahnya mengalami kerusakan dan harus mengungsi dirumah-rumah saudara mereka.

Baca Juga: Pemkot Batu Mulai Bongkar Kios Pasar Relokasi

Gubernur juga memberikan bantuan kepada Pemkot Batu berupa paket sembako, berbagai peralatan bencana seperti terpal, kompor hingga kantong jenazah. Bantuan ini diberikan kepada Wali Kota Batu, Dra Hj Dewanti Rumpoko MSi untuk dipergunakan dalam penanganan bencana alam banjir bandang.

Pemberian bantuan ini dilakukan di Posko Bencana Alam Banjir Bandang Kota Batu di kantor BPBD Jl Raya Punten. Dalam kesempatan itu, gubernur memberikan motivasi kepada para korban bencana alam, gubernur berharap masyarakat Kota Batu bahu membahu menyelesaikan penanganan bencana alam ini.

“Barusan kita menyaksikan kita memberikan santuan kematian untuk dua korban bencana alam yang meninggal dunia. Kita turut berbela sungkawa, semoga yang meninggal dunia amal ibadahnya diterima Allah SWT dan dosa-dosanya diampuni Allah SWT,” ujar Khofifah.

Baca Juga: BPBD Kota Batu Canangkan Pembentukan Wisata Tangguh Bencana

Mantan Menteri Sosial RI ini mengatakan di masa tanggap darurat ini proses search and rescue atau proses pencarian dan penyelamatan akan menjad bagian prioritas. “Proses evakuasi sedang berjalan, mudah-mudahan semua bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” ujar Khofifah.

Ia mengatakan bahwa Pemkot Batu sedang melakukan berbagai langkah percepatan penanganan. “Kami tadi malam bersama Wali Kota dan Ketua DPRD, meninjau lokasi dan dapur umum yang menyuplai kebutuhan makanan untuk terdampak dan relawan,”ujar gubernur.

Baca Juga: Libur Lebaran, Pemkot Batu Target 1 Juta Kunjungan Wisatawan

Selain itu juga dilakukan langkah strategis dengan melakukan proses vegetasi lingkungan. “Entah nanti kita bangun cek dam dan melakukan normalisasi saluran, karena menurut keterangan wali kota, banjir ini melalui lokasi yang tidak biasa dilewati, karena itu memberikan bronjong di kanan dan kiri akan dilakukan selanjutnya,” ujarnya.

Gubernur Jatim Khoififah mengakui pekerjaan rumah pemerintah daerah cukup besar, karena banyak bantaran sungai yang ternyata dipergunakan untuk hunian sekaligus mengidentifikasi secara detail sumber banjir bandang, apakah karena hutan gundul atau karena sebab lain.ti/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU