Gubernur Pantau Vaksinasi Hari ke-Dua PT. SAI Ngoro

Gubernur Khofifah saat memantau vaksinasi Covid-19 hari kedua di PT Surabaya Autocomp Indonesia (SAI) Ngoro Industrial Park (NIP), dengan didampingi Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati. SP/Dwy Agus Susanti

Kabupaten Mojokerto Dapat Tambahan 10 Ribu Vaksin 

 

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Sebagai salah satu daerah episentrum di Jawa Timur, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan akan menambah lagi 10.000 kuota vaksin Covid-19 bagi industri padat karya di Kabupaten Mojokerto. 

Kepastian ini disampaikan langsung oleh Gubernur Khofifah, saat memantau vaksinasi Covid-19 hari kedua di PT Surabaya Autocomp Indonesia (SAI) Ngoro Industrial Park (NIP), dengan didampingi Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati beserta Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur Himawan Estu Bagijo. Gubernur juga memastikan apabila vaksinasi PT SAI telah 100%, maka pabrik tersebut dapat diusulkan untuk beroperasi 100% dibagi dalam dua shift. 

Untuk diketahui, vaksinasi PT SAI merupakan tindak lanjut dari pengajuan perluasan vaksin oleh Bupati Ikfina kepada Gubernur Jawa Timur, pada acara vaksinasi industri padat karya di PT Ajinomoto beberapa waktu lalu. 

Vaksin PT SAI diberikan pada 7.500 orang secara bertahap, selama dua hari (21-22 Agustus). Terbagi atas 4.000 orang pekerja PT SAI, dan 3.500 pekerja pabrik lain di wilayah NIP. Selain vaksinasi, PT SAI juga memberikan santunan bantuan jaminan kepada empat orang ahli waris almarhum pekerja PT SAI. 

"Pemprov punya buffer vaksin 5%. Itu bisa kita pakai untuk percepatan vaksin, salah satunya di sektor esensial industri padat karya. Saya akan tambahkan lagi 10.000 vaksin untuk Kabupaten Mojokerto. Ini di luar jatah kabupaten. Jadi tidak akan mempengaruhi kuota kabupaten. Sore ini akan langsung saya kirim. Lebih cepat lebih baik. Kalau sudah vaksin 100%, bisa diusulkan beroperasi 100% juga dengan dua shift," kata Khofifah, Minggu (22/8) siang. 

 

Selanjutnya Bupati Ikfina Fahmawati,  berharap agar tambahan kuota vaksin ini dapat membantu Kabupaten Mojokerto dalam percepatan vaksinasi di industri padat karya. Bupati juga ingin agar kerjasama ini bisa terjalin dengan baik, sebagai langkah cepat mencapai herd immunity. 

"Alhamdulillah, Ibu Gubernur. Saya mewakili seluruh warga Kabupaten Mojokerto mengucapkan terima kasih atas tambahan vaksin. Beberapa waktu lalu di Ajinomoto, saya diberikan vaksinasi kedua, barangkali selanjutnya kita diberi vaksinasi ketiga, dan seterusnya. Kami berharap usaha ini dapat mempercepat herd immunity," ujar bupati. Dwy