Gudang Amunisi Yordania Meledak Dahsyat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 11 Sep 2020 19:05 WIB

Gudang Amunisi Yordania Meledak Dahsyat

i

Ledakan besar mengguncang gudang amunisi milik militer Yordania pada Jumat (11/9) dini hari waktu setempat.SP/YOUTUBE THE SUN

SURABAYAPAGI, Amman - Serangkaian ledakan mengguncang depot amunisi militer di Ghabawi, Yordania. Pijaran api akibat ledakan tersebut menerangi langit malam di luar kota Zarqa, timur laut Amman, Ibu Kota negara itu.

"Sebuah ledakan terjadi pada dini hari Jumat... di sebuah gudang berisi bom mortir yang tidak dapat digunakan milik angkatan bersenjata," kata juru bicara pemerintah Yordania dalam sebuah pernyataan seperti dilansir AFP, Jumat (11/9).

Baca Juga: Diduga Korsleting Listrik, Rumah di Wiyung Terbakar

Ledakan itu terjadi di kota Zarqa, 25 kilometer dari timur ibu kota Amman, tempat beberapa pangkalan dan depot Yordania berada

Menteri Urusan Media Yordania, Amjad Adaileh, melaporkan bahwa ledakan itu terjadi di gudang bom mortir yang tidak dapat digunakan di daerah Ghabawi di timur Zarqa dan disebabkan oleh korsleting listrik.

Baca Juga: Lansia di Ponorogo Tewas Terbakar di Ladang

“Menurut Komando Jenderal Militer, sejauh ini tidak ada korban jiwa akibat ledakan tersebut,” kata Adaileh yang menambahkan, depo amunisi berada di kawasan yang tidak berpenghuni seperti dilansir dari Russia Today, Jumat (11/9/2020).

Penduduk setempat melaporkan jendela yang pecah dan melihat api menjilat langit malam. Beberapa pengguna media sosial dengan cepat membandingkan ledakan Zarqa dengan ledakan di pelabuhan Beirut, Lebanon bulan lalu, ketika sebuah gudang berisi amonium nitrat menghancurkan pelabuhan tersebut dan menyebabkan sedikitnya 190 kematian dan 6.500 luka-luka.

Baca Juga: 187 Pedagang Pasar Kembang Jadi Korban Si Jago Merah, Kerugian Diduga Capai Rp 1 Miliar

Provinsi Zarqa, yang berpenduduk sekitar 1,5 juta orang, telah menyaksikan beberapa ledakan dalam beberapa tahun terakhir, terutama disebabkan oleh amunisi tua dan kebakaran di gudang karena juga merupakan rumah bagi banyak pabrik dan kawasan perdagangan bebas.An

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU