Gudang Pakan Ternak Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 21 Jul 2020 18:59 WIB

Gudang Pakan Ternak Terbakar, Kerugian Capai Ratusan Juta Rupiah

i

Petugas PMK memadamkan api yang membakar Gudang pakan ternak di Kelurahan Jegu Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar pada Selasa (21/7) dini hari. SP/Les

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Kebakaran yang menimpa sebuah Gudang berukuran 15X6 meter membuat kelabakan warga Krajan Kelurahan Jegu Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar Selasa (21/7) dini hari tadi.

Dalam laporanya ke Polres Blitar melalui Polsek Sutojayan, Ahmad Dwi Santoso pemilik gudang pakan ternak ini melaporkan  bahwa gudang tempat penyimpanan pakan ayam miliknya di Lingkungan Krajan RT. 07 RW. 03 Kelurahan Jegu Kecamatan Sutojayan yang ludes terbakar berisi ratusan kilogram Bekatul, Jagung kering serta bahan pakan ayam yang tersimpan dalam Gudang.

Baca Juga: Curi Motor, ABG di Blitar Jadi Bulan-bulanan Warga

Kasubag Humas Polres Blitar seijin Kapolres AKBP.Ahmad Fanani Eko Prasetya S.IK  menjelaskan sebelum kejadian, salah satu warga mencium bau asap, namun asal bau asap seperti barang terbakar, diabaikan karena diduga tetangganya ada yang bakar sampah.

"Memang sebelum api  meluas membakar Gudang milik korban pada Selasa dini hari, ada beberapa tetangganya mencium bau barang terbakar," jelas AKP Imam Subchi pada wartawan.

AKP Imam Subechi menambahkan,terbakarnya  gudang pakan ayam baru diketahui pemiliknya saat sedang melaksanakan piket jaga di Pos Kamling tidak jauh dari TKP.

“Saat jaga Kamling, korban mendengar suara letusan  berulang-ulang dari suara api, dengar suara letusan letusan kecil itulah korban penasaran, selanjutnya korban melakukan pengecekan bersama temanya yang piket Kamling, untuk mencari asal bunyi letusan tersebut.

"Ternyata bunyi letusan letusan kecil itu berasal dari gudang pakan ayam miliknya yang terbakar, dan terlihat api sudah membesar sehingga membakar gudang penyimpanan pakan ternak,” Kata mantan Kapolsek Sutojayan ini.

Baca Juga: Padamkan Api, Lansia di Jember Tewas

Melihat kejadian itu spontan korban berteriak meminta tolong sambil membuka pintu gudang disertai  memadamkan api menggunakan alat seadanya bersama temanya yang piket.

Dalam keterangan beberapa saksi yang rumahnya dekat dengan TKP, bahwa sejak pukul 19.30 WIB (Senin 20/7) , saksi mencium bau seperti ada barang yang terbakar namun saksi tidak mengetahui asal bau tersebut.

“Seperti yang kita sampaikan di depan tadi, ada tetangga yang mencium bau seperti ada barang yang terbakar, dan baru mengerti kalau bau itu berasal dari gudang milik korban yang terbakar," tambah AKP Imam Subchi.

Baca Juga: Kandang Ayam Ludes Terbakar, Rugi Ratusan Juta Rupiah

Perlu di ketahui bahwa gudang pakan ternak ayam yang berada di Lingk.Krajan Kel.Jegu Kec. Sutojayan Kab.Blitar yang terbakar  merupakan bangunan semi permanen berukuran 6 x 15 meter dengan dinding Gudang  sebelah kanan (Barat) berupa tembok permanen yang terbuat dari batako, untuk dinding sebelah kiri (Timur) dan belakang terbuat dari seng, untuk atap terbuat dari bahan asbes.

“Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan, sedang api berhasil dipadamkan dalam waktu kurang lebih dua jam dengan  2 unit mobil Damkar Pemkab Blitar yang di bantu warga masarakat serta Anggota Polres Blitar, anggota Polsek Sutajayan bersama anggota Koramil, sedang untuk sebab kebakaran kita masih melakukan penyelidikan dan keterangan korban,” Pungkas AKP Imam Subchi. Les

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU