Gula Kelapa Jadi Sektor Home Industri Terbesar di Blitar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 26 Feb 2021 15:36 WIB

Gula Kelapa Jadi Sektor Home Industri Terbesar di Blitar

i

Sentra pembuatan gula kelapa di Kabupaten Blitar. SP/ BLT

SURABAYAPAGI.com, Blitar - APBD 2021 Kabupaten Blitar turun ratusan miliar dibanding tahun 2020. Dari sebelumnya Rp 2,5 Triliun, saat ini turun menjadi Rp 2,2 Triliun.

"APBD turun banyak. Ratusan miliar. Dulu Rp 2,5 Triliun, sekarang Rp 2,2 Triliun," ujar Kepala BPKAD (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah) Kabupaten Blitar Khusna Lindarti, Jumat (26/2/2021).

Baca Juga: Disperindag Kabupaten Blitar Jamin Stok Minyakita Aman Hingga Lebaran

Dari angka Rp 2,2 triliun tersebut, 50 persen lebih akan terserap untuk belanja tidak langsung atau belanja operasi. Yakni gaji pegawai di lingkungan Pemkab Blitar yang jumlahnya belasan ribu. Dana selebihnya dialokasikan untuk belanja modal dan jasa atau belanja langsung. Termasuk juga untuk penanganan Covid-19 di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

Baca Juga: Panen Raya, Stok Beras di Blitar Dijamin Aman Hingga Lebaran

Potensi daerah yang dimiliki Kabupaten Blitar dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) selain berupa sumber daya alam, produksi hasil bumi yang melimpah, hasil-hasil peternakan, perikanan dan deposit hasil tambang yang tersebar di wilayah Blitar Selatan, juga berupa kekayaan budaya serta peninggalan sejarah yang mempunyai nilai adiluhung menjadi kekayaan yang tidak ternilai. 

Selain itu, gula kelapa merupakan industry rumah tangga sekaligus UMKM yang cukup terkenal di Kabupaten Blitar. Sebagian besar warga pengrajin gula kelapa sudah dilakoni sejak turun temurun. Sedangkan sentra gula kelapa di Kabupaten Blitar terdapat 264 unit usaha.

Baca Juga: Investor Tiongkok Bakal Bangun PLTB di Kabupaten Blitar

Mengenai pembinaan UMKM, Pemkab Blitar gencar membentuk kelompok usaha sangat membantu pelaku usaha mikro untuk meningkatkan kapasitas hingga kekuatan managemen pemasaran. Sehingga, pangsa pasar UMKM Kabupaten Blitar menurutnya siap naik kelas. Dsy14

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU