Gunakan Sistem Hybrid, Piala Presiden Esports 2022 Siap Digelar 10 Agustus 2022

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 05 Agu 2022 10:20 WIB

Gunakan Sistem Hybrid, Piala Presiden Esports 2022 Siap Digelar 10 Agustus 2022

i

Foto Ilustrasi Esport

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta – Kompetisi Esport terbesar di Indonesia, Piala Presiden Esports (PPE) 2022 akan digelar mulai 10 Agustus 2022. Ajang tahun ini akan menjadi pergelaran keempat secara berturut-turut setelah pertama kali diluncurkan pada 2019.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Panitia Pelaksana Piala Presiden Esports 2022, Rangga Danu Prasetyo. Turnamen akan diselenggarakan secara hybrid dengan kombinasi sistem online dan offline. Adapun partai final rencananya akan berlangsung pada November di Jakarta dan digelar offline.

"Tahun lalu acara tertutup, dan hanya fokus di live streaming di online, jadi tahun ini kita berharap bisa menggelar acara yang semaksimal mungkin, makanya kita memilih Jakarta agar bisa dijangkau oleh masyarakat luas," kata Rangga dalam jumpa pers di Kantor Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI), Kamis 4 Agustus 2022.  

"Mudah-mudah kondisi Indonesia membaik sehingga kita bisa membuka Grand Final kita secara offline dengan menghadirkan penonton," ungkapnya.

Rangga menargetkan kompetisi tahun ini diikuti oleh 150.000 peserta dari seluruh penjuru Indonesia.

"Target kita tahun adalah 150.00 peserta, yang mana tahun lalu kita mencapai 130.000 peserta. Ini yang kita inginkan," ungkap Rangga

Para atlet dan tim akan memprebutkan hadiah total 1,8 miliar, trofi juara, dan kesempatan untuk menapaki jenjang kompetisi bertaraf internasional.

“Kami yakin Indonesia mampu menghelat turnamen esports bergengsi kelas dunia. PPE 2022 adalah persembahan esports untuk negeri. Kami berharap Piala Presiden Esports 2022 memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa dan generasi muda di kancah esports,” ujar Rangga.

Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko mengatakan pemerintah mendukung terselenggaranya kompetisi ini.

"Pemerintah mendukung penuh perhelatan Piala Presiden Esports 2022 yang akan segera bergulir, sebagai ajang mencari, mengasah, dan mendorong talenta lokal untuk bersaing di panggung dunia," imbuhnya.

"Harapannya, Indonesia bisa mendominasi kancah esports dunia dengan segudang prestasi,” ungkap Moeldoko.

Setelah melalui berbagai kendala sejak tahun 2019 akhirnya ajang ini dapat berjalan dengan baik.

"Piala Presiden tahun ini jadi ajang keempat. Kita ingat pada 2019 masih tertatih-tatih. Tahun berikutnya kendalanya ada lagi, ada COVID-19, tapi sekali lagi dari pendaftaran, kualifikasi, grand final semua berjalan baik karena anak-anak punya semangat kuat atas hadirnya esport ini" ujar Moeldoko.

Piala Presiden Esports 2022 dimulai dari babak kualifikasi yang terbagi menjadi dua, yakni regional timur dan regional barat. Esports Indonesia Akan ada juga kualifikasi terbuka untuk semua provinsi sekaligus memberikan kesempatan kedua untuk tim yang belum berhasil di kualifikasi regional. Rangkaian Piala Presiden 2022 dilanjutkan dengan kualifikasi tertutup untuk tim profesional yang diundang

Mengusung konsep Beyonderfull, Piala Presiden Esports 2022 akan mempertandingkan sejumlah cabang game yaitu lokapala, battle of staria dewa, mobile legends, PUBGM, free fire, dan satu game lokal dari sistem submission. jk

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU