Gunung Ijen Dinobatkan Jadi UGGp, Diharapkan Mampu Mendorong Perekonomian

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 05 Jun 2023 11:21 WIB

Gunung Ijen Dinobatkan Jadi UGGp, Diharapkan Mampu Mendorong Perekonomian

i

Gubernur Khofifah saat mengunjungi Kawah Ijen yang masuk dalam Ijen Geopark. Foto: Pemprov Jatim.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kawasan Wisata Gunung Ijen dinobatkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGGp). Penetapan taman wisata geologi tersebut dilakukan dalam sidang tahunan di Markas UNESCO di Paris, Prancis, pada Rabu (24/5/2023) lalu.

Rencananya, penyerahan sertifikat resmi kepada pengelola Ijen Geopark dilaksanakan di Maroko pada September 2023 mendatang. Atas penetapan ini, Gubernur Khofifah memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada UNESCO atas penetapan tersebut.

Baca Juga: Khofifah : Antusiasme Warga jadi Penentu Masa Depan Bangsa

"Sebuah kebanggaan yang luar biasa, satu lagi obyek wisata geologi di Jatim dinobatkan sebagai UGGp," kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (4/6/2023).

Selain itu, Ijen Geopark dinyatakan lulus sidang Council UNESCO yang digelar di Provinsi Satun, Thailand, pada 5 September 2022 dengan nilai terbaik di antara taman bumi (geopark) yang lain.

“Saat proses assessment Geopark Ijen memperoleh skor 873. Hingga saat ini capaian skor tersebut masih merupakan capaian tertinggi diantara aspiring UNESCO Global Geopark di Indonesia yaitu Geopark Belitung dengan nilai skor 850, maupun Geopark Maros Pangkep dengan nilai skor 869," terangnya.

Geopark Ijen memperoleh tertinggi dari calon Geopark lain di Indonesia dengan keunikan geologi, biologi, budaya serta fenomena alam blue fire dalam kawasan Gunung Ijen menjadikan Geopark Ijen menjadi pesona yang di akui dunia.

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini berharap, status baru Gunung Ijen tersebut akan berdampak siginifikan bagi daya tarik wisata Gunung Ijen apalagi untuk wisatawan mancanegara yang pada akhirnya juga berdampak pada perekonomian warga setempat dan Jawa Timur pada umumnya.

Baca Juga: Khofifah: Jatim Pusat Kemenangan Prabowo

"Semoga ini bisa mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara maupun nusantara, sehingga dapat mendorong perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur," harapnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, dengan adanya pengakuan dari UNESCO, maka seluruh situs geologi, budaya dan hayati yang dimiliki Ijen akan dipromosikan langsung oleh UNESCO. Sehingga, Ijen UGGp akan semakin dikenal luas secara internasional sekaligus meningkatkan kunjungan pariwisata.

Di samping itu, juga membangun jejaring antar UGGp yang akan membuka peluang kerjasama di berbagai bidang pendidikan, ekonomi, tenaga kerja, budaya dan lainnya tidak hanya di level nasional namun juga di level global.

Baca Juga: Serikat Pekerja Seluruh Indonesia Jatim Dukung Khofifah di Pilgub 2024

Selain itu menurutnya, peluang pendanaan menjadi semakin lebar sebab keberadaan Ijen yang sudah menjadi UGGp semakin dikenal luas di level global, dan membuka peluang investasi bagi para calon investor yang akan berinvestasi di Ijen.

"Khususnya komunitas ramah lingkungan, yang menjunjung tinggi budaya lokal dan mengikutsertakan masyarakat lokal dalam memberdayakan ekonomi," jelujarnya.

Tak hanya itu, kesadaran masyarakat otomatis juga akan semakin meningkat untuk terus menjaga dan mengkonservasi bumi hingga budaya. Nilai-nilai pemberdayaan ekonomi masyarakat juga meningkat, sebab dalam geopark mensyaratkan pelibatan masyarakat lokal secara aktif. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU