Gunung Semeru Meletus, Warga Panik dan Berlarian

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 04 Des 2021 19:14 WIB

Gunung Semeru Meletus, Warga Panik dan Berlarian

i

Letusan Semeru yang mengerikan.

SURABAYAPAGI, Lumajang- Gunung Semeru Meletus, Sabtu (4/12/2021). Akibatnya sejumlah warga panik dan berlarian untuk menyelamatkan diri. Warga panik dengan mengendarai truk, mobil bak terbuka, dan sepeda motor warga mencari lokasi yang lebih aman.

Sementara itu, jalan-jalan di sekitar lokasi tampak tertutup lahar dingin. Informasi dari warga sekitar Gunung Semeru terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Warga panik dan berlarian mencari tempat yang lebih aman.

Baca Juga: Kebakaran Gunung Lawu Capai 2000 Hektar, Meluas Hingga Lintas Provinsi Jateng

Gunung Semeru tertinggi di Pulau Jawa ini mengeluarkan kepulan asap tebal dari puncak gunung tersebut. Adapun desa yang terdampak di antaranya, Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro terkenak hujan abu tebal.

Bahkan warga yang tidak sempat menyelamatkan diri tampak basah kuyup akibat diguyur hujan abu vulkanik. Hasan Rifa,i, warga Pronojiwo ketika dikonfirmasi mengatakan, kejadian gunung semeru meletus sangat kuat kedengarannya dan hampir sama dengan kejadian tahun lalu, tapi saat ini lebih para dari pada sebelumnya, “Sekarang warga sudah mulai mengungsi menyelamatkan diri menuju tempat pengungsian,” ujarnya.

Baca Juga: Gunung Lawu Terbakar Parah, Kondisi Warung Mbok Yem Jadi Sorotan: Semoga Selamat Ya Allah

Ia menjelaskan, awalnya hujan deras sekitar pukul 14.00, dan mengeluarkan lahar dingin di Curah Kobokan, dan Sumbersari. Setengah jam kemudian di Puncak Gunung Semeru mengeluarkan abu hitam peka, hingga kerumah penduduk dan mengeluarkan petir disertai hujan dengan suara gunung semeru bergemuruh,” paparnya.

Sementara kepala BPBD kab Lumajang membenarkan peristiwa gunung meletus tersebut. Keadaan di Desa Sumbersari, Kecamatan Pronojiwo, dan Sumberwuluh, Kecamatan Pronojiwo kondisi gelap karena hujan abu dan hujan deras.

Baca Juga: Fenomena Embun Es di Kawasan Puncak Lawu, Capai 3 Derajat Celcius

“Informasi saya dapat ada rumah warga di Desa Sumbersari roboh akibat gunung semeru meletus,” pungkasnya.Lim

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU