Gus Ipul, Ahli UMKM yang Dipuji Gubernur Khofifah

Gus Ipul mantan Wagub Jatim saat dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjadi Wali Kota Pasuruan, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (26/2/2021). SP/Arlana

 

Sri Untari, Sekretaris DPD PDIP Jatim ingatkan 17 Kepala Daerah yang baru Dilantik Gubernur Khofifah, tak Mudah Bekerja saat Pandemi

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, sempat memuji satu dari 17 Kepala Daerah di Jatim yang dilantik di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jumat (26/2/2021).

Mantan rivalnya dalam Pemilihan Gubernur 2018 lalu, menjadi sorotannya. Dia adalah Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul, mantan Wakil Gubernur Jawa Timur yang kini terpilih sebagai Wali Kota Pasuruan. Bagi Gubernur, Gus Ipul sosok kepala daerah yang lebih detail dalam memahami pemberdayaan UMKM.

"Saat ini, di gedung Grahadi, ada Gus Ipul. Dia lebih tahu soal UMKM. Buktinya tanda pin di seragam-nya lebih banyak dari saya. Ini membuktikan perjuangan beliau sudah panjang," kata Khofifah disambut tepuk tangan undangan.

Khofifah juga sempat memuji Gus Ipul, sebagai sosok mentor yang patut ditiru. "Bupati/Wali Kota kalau mau cari mentor, tidak perlu susah-susah, sebab salah satu yang dilantik adalah top mentor," kata Khofifah, di Grahadi, Jumat (26/2/2021).

 

Tak Muda Bekerja era Pandemi

Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim  Sri Untari Bisowarno, bangga  11 dari 17 kepala Daerah yang dilantik Gubernur Khofifah, dari PDIP. Doktor lulusan Unibraw ini berpesan kepeda mereka bekerja dengan hati nurani dalam memperjuangkan kepentingan rakyat, utamanya bisa memulihkan ekonomi masyarakat dimasa pandemi Covid-19. Mengingat menurut Untari, tak mudah bekerja dimasa pandemi seperti ini.

“Saya berpesan agar semuanya bekerja dengan hati nurani yang kuat dan kesadaran yang tinggi dengan gotong-royong yang keras untuk kepentingan mengembalikan bagaimana ekonomi masyarakat kembali pulih dalam masa pandemi covid seperti ini,”terang Untari.

“Tidak mudah memerintah pada masa-masa seperti ini, butuh keseriusan butuh perhatian yang keras dan butuh yang namanya cara berpikir cerdas untuk bisa mengelola anggaran yang jumlahnya tidak banyak tetapi kebutuhannya sangat banyak,”tambah Untari.

Tokoh PDIP ini meyakini Kepala Daerah yang diusung oleh PDI Perjuangan mampu menjadi pemimpin yang menjaga amanah rakyat, sebab sebagai kader PDI Perjuangan telah dibekali dengan 10 perintah partai (Dasa Prasetya) yang selalu disampaikan oleh ketua umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Puteri.

“Tapi sebgai kader PDI perjuangan, panjenengan semua telah dibekali oleh partai dengan Dasa Prasetya partai,10 perintah untuk mengabdi kepada masyarakat , ibu ketua umum Megawati Soekarno Puteri senantiasa memberikan wejangan yang sangat kuat agar bagaimana disaat kita memimpin kita ini memiliki legacy,”ucapnya.

“Dengan kecintaan kita yang tinggi pada rakyat dengan cara membuat hidup mereka lebih baik maka mereka akan mencintai kita juga. Maka kami ucapkan selamat atas nama DPD PDI Perjuangan Jawa timur, mengabdilan kepada rakyat dengan sepenuh hati maka anda akan mendapatkan cinta sejati dari rakyat,”tambahnya.

Untari juga mengucapkan terimakasih kepada para kepala daerah PDI Perjuangan yang telah purna tugas sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah yang tekah mengabdikan diri pada masyarakat melalui PDI Perjuangan.

“Sebagai pengurus partai ditingkat daerah kami mengucapkan selamat paripurna dan kembali ke rakyat semoga segala yang telah dilakukan akan akan menjadi kebaikan untuk kepentingan seluruh masyarakat,” tandasnya. arf/cr2/rmc