Gus Ipul Dorong Generasi Muda Cintai Budaya Lokal

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 20 Feb 2023 16:48 WIB

Gus Ipul Dorong Generasi Muda Cintai Budaya Lokal

i

Wali kota Pasuruan saat di Lapangan Sekar Gedung, Kota Pasuruan.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Sebanyak 34 peserta mengikuti lomba Kreasi Tari yang berlangsung di Gedung Harmoni Kota Pasuruan, Minggu 19 Februari 2023. Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berharap lomba tari yang diikuti perwakilan dari seluruh kelurahan di Kota Pasuruan itu, mampu mendorong generasi muda untuk lebih mencintai seni dan budaya milik sendiri.

“Berlatih terus dibimbing para instruktur, adik-adik semua akan kita libatkan dalam acara pembukaan MTQ ke 30 Tingkat Provinsi Jawa Timur pada bulan September akan datang,” kata Gus Ipul dalam sambutannya, Minggu 19 Februari 2023.

Baca Juga: Wali Kota Pasuruan H Saifullah Survey Payung Madinah

Gus Ipul kemudian menyerukan kepada para pembina dan pelatih untuk menyempurnakan tarian peserta, juga menyambung dengan tarian lain, sehingga menjadi sajian yang tidak terlupakan sepanjang sejarah MTQ Tingkat Jawa Timur.

Gus Ipul juga menambahkan bahwa akan mengembangkan seni dan budaya Kota Pasuruan yang dipadu dengan seni baru yang lebih baik.

“Kita ingin ada kombinasi sekaligus kolaborasi antara tari, musik kemudian disambung dengan puisi dan lain-lain yang akan menyempurnakan penampilan adik-adik sekalian dan membanggakan Kota Pasuruan,” tambahnya.

Tak lupa, Gus Ipul mengajak masyarakat untuk lebih bersih, lebih tertib dan bangkit lebih cepat. “Mari kita bersih bersih di rumah kita, toilet kita, lingkungan kita kemudian tertib jangan parkir sembarangan, jangan trotoar dibuat parkir parkirlah di tempat yang disediakan karena trotoar itu untuk pejalan kaki dan trotoar dibangun dengan uang rakyat,” ajaknya.

Baca Juga: Wakil Wali Kota Pasuruan Cek Gudang Logistik Pemilu

Kebiasaan hidup bersih, dan tertib nantinya akan berdampak positif bagi warga Pasuruan sendiri, sehingga lebih cepat untuk bangkit secara perekonomian, terutama pasca COVID-19.

“Saya dan jajaran Pemkot Pasuruan akan berusaha mendatangkan tamu sebanyak mungkin ke Kota Pasuruan, sambutlah mereka dengan produk Kota Pasuruan yang berkualitas, sambutlah dengan oleh-oleh Kota Pasuruan, sambutlah dengan kuliner Kota Pasuruan yang membuat mereka kerasan dan kembali lagi ke-Kota Pasuruan,” imbuhnya.

Pihaknya juga akan melakukan sejumlah perbaikan fasilitas umum, untuk menarik pengunjung datang. Di antaranya perbaikan alun-alun dan sekitarnya termasuk pembangunan Kota Madinah, memoles Pelabuhan supaya lebih baik dan bersih, membuat Gedung Harmoni lebih indah dan juga bangunan lain dipercantik.

Baca Juga: E-parkir di Pasar Kebonagung Dihapus, Pedagang Sumringah

Tujuannya agar Kota Pasuruan berbeda dari kota lainnya dengan memanfaatkan warisan warisan bangunan cagar budaya. “Kita ingin lebih banyak wisatawan yang datang ke-Kota Pasuruan dan mereka berbelanja di kota ini sehingga dapat menggerakkan perekonomian Kota Pasuruan,” pungkasnya.

Gus Ipul juga mengucapkan terima kasih kepada lurah yang telah mengirimkan penarinya untuk tampil dan mengikuti festival serta kepada pemilik sanggar atas dedikasinya memberikan karya terbaiknya dengan kreativitas dan inovasinya.

Hadir dalam kegiatan Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul), Kepala Dinas Terkait, Camat, Lurah dan diikuti penari dari masing-masing kelurahan. ris

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU