Gus Ipul Raih Penghargaan Membangun Kearifan Lokal

Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf menerima penghargaan pad aJum’at (18/3) kemarin. SP/Ris

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf menerima penghargaan sebagai kepala daerah yang sukses memimpin membangun optimisme melalui kearifan lokal dan budaya di Kota Pasuruan.

Penghargaan ini diberikan JTV dalam acara bertajuk ‘Malam Apresiasi Sukses Memimpin di Tengah Krisis’, pada Jumat (18/3). Tak cuma itu, Gus Ipul juga disebut sebagai pemimpin yang berhasil mencerminkan kesehatan lingkungan untuk menangani pandemi Covid-19.

“Saya mulai dari toiletnya apabila bersih nanti dapurnya pasti bersih, setelah itu pasti rumahnya bersih dan lingkungannya bersih, karena kebersihan itu salah satu hal yang bisa membuat kita sehat dalam mengatasi pandemi ini,” tuturnya.

Keberhasilan ini, kata Gus Ipul tak serta merta ia dapatkan. Melainkan berkat bantuan dari bupati dan wali kota yang sudah sukses mengelola dan menerapkan kebersihan di wilayahnya masing-masing.

“Jadi saya senang belajar dan sharing bersama bupati atau wali kota yang sudah sukses lebih dulu. Seperti Kabupaten Banyuwangi yang sudah punya gerakan jeding resik, nah saya jadikan itu referensi untuk Kota Pasuruan,” ujarnya.

Tak cuma itu, dilanjutkannya, kegiatan bersih-bersih di Kota Pasuruan ini memang harus dibudayakan. Mengingat pihaknya paling gemar menerima tamu, maka sebagai tuan rumah pasti akan semangat bersih-bersih agar tempat tinggalnya dinilai baik.

Dengan diperolehnya penghargaan ini, Gus Ipul berharap tetap bisa konsisten menjalankan kegiatan bersih-bersih. Lebih lagi, peran masyarakat sangat penting dan tak terlepas dari kesuksesan kebersihan Kota Pasuruan.

“Terima kasih atas dukungan dan kerjasamanya, semoga kita semua dapat saling belajar dan berkolaborasi menjaga kebersihkan Kota Pasuruan,” kata Gus Ipul.

Dalam kesempatan yang sama, Pemimpin Redaksi JTV, Abdul Rokim, menyebut penilaian acara ini menggunakan metode studi literatur. Dimana topik tersebut terkait dinamika pandemi yang terjadi di Jawa Timur, dan cara para kepala daerah dalam mengatasinya.

“Selain itu kami juga melibatkan peran para ahli di bidang publik dan masyarakat untuk menyampaikan pendapatnya terhadap kinerja kepala daerah yang terpilih,” kata Abdul.

Sekadar diketahui, Malam Apresiasi Sukses Memimpin di Tengah Krisis juga dihadiri Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, beserta beberapa kepala daerah di wilayah paling timur Pulau Jawa yang turut menerima penghargaan. ris