Gus Ipul Resmikan Program ANGSAL GISI

Launching program ANGSAL GISI oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) meresmikan layanan terpadu tumbuh kembang Penanganan Masalah Gizi Terintegrasi (ANGSAL GISI).

Peresmian ini menjadi pertanda dimulainya program ANGSAL GISI. Kick Off dimulai di Puskesmas Kandangsapi, Kamis (23/06/2022).

Gus Ipul menyampaikan, peresmian layanan terpadu ANGSAL GISI ini adalah gerakan untuk meningkatkan imunisasi untuk anak.

"Masih banyak orang tua yang belum mengikuti program imunisasi anak. layanan terpadu ini, mengajak orang tua mengajari betapa pentingnya imunisasi," katanya.

Setelah peresmian, kata Gus Ipul, yang harus ditindaklanjuti adalah gerakan meningkatkan imunisasi untuk anak dengan meningkatkan kesadaran orang tua.

Sekadar infornasi, kenaikan pervalensi stunting di tahun 2020 19,06 persen menjadi 23,7% di tahun 2021. target Kota Pasuruan, 2024 menurunkan pervalensi stunting 14%.

“Inilah yang menjadi PR kita untuk bisa mencapai target di Tahun 2024 angka stunting turun menjadi 14%, supaya anak tetap sehat,” ujar Gus Ipul.

Gus Ipul juga menyampaikan status kesehatan anak yang lengkap didukung dengan imunisasi yang lengkap, nutrisi yang cukup dan pola asuh keluarga yang baik.

“Saya ingin peresmian ANGSAL GISI ini benar-benar dapat memicu kesadaran bagi masyarakat membuat anak menjadi sehat," tambahnya.

Menurutnya, rutin imunisasi untuk anak, dan pola asuh yang baik terutama melakukan stimulasi dan deteksi dini tumbuh kembang anak secara optimal itu sangat baik. ris