Gus Irsyad Resmikan Pembangunan Kantor Bupati Baru

Lahan tempat (lokasi) proyek gedung baru pemkab di Raci.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf meletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Kantor Bupati, Rabu (29/6/2022).

Kantor Bupati ini dibangun di Kompleks Perkantoran Raci. Ini menjadi penanda jika pusat Pemerintahan Pemkab Pasuruan ke Raci sudah terealisasi.

Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf mengatakan, ini adalah tindak lanjut peraturan pemerintah. Sebenarnya, telat karena diberi waktu 5 tahun.

"Harusnya terealisasi di tahun 2021 paling lambat. Tapi, karena keterbatasan anggaran dan ada penanganan pandemi, makanya baru terealisasi," katanya.

Dia menjelaskan, pemindahan kantor ini penting, tapi lebih penting memberikan pelayanan untuk mencukupi hak-hak dasar masyarakat.

"Iya ini, menunjukkan jika semua layanan pemerintahan pindah ke Kecamatan Bangil. Memang ada beberapa dinas yang belum pindah, ini bertahap," lanjut dia.

Menurut dia, pihaknya juga sedang memikirkan skema untuk pemanfaatan aset gedung bekas OPD yang sudah tidak digunakan lagi, di Hayam Wuruk.

"Iya itu kan pemanfaatan aset karena kalau ditinggalkan rusak. Nanti kita diskusikan, kerjasama dengan pihak ketiga, atau apa. Perlu kajian kedepannya," tambahnya.

Kepala Dinas SDA, Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Hari Aprianto membenarkan memang ada rencana pemindahan kantor bupati.

Disampaikan dia, dalam APBD tahun 2022 ada rencana pembangunan Kantor Bupati. Anggaran sebesar Rp 50 miliar disiapkan.

Rencananya kantor Bupati akan dipindah ke Raci. Satu kompleks dengan kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," katanya.

Menurut Hari, sapaan akrabnya, pemindahan ini dalam rangka memudahkan koordinasi antar OPD, bersama Bupati Pasuruan.

Rencananya, Kantor Bupati Pasuruan ini dibangun empat lantai. Ada beberapa kantor di dalamnya, Kantor Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan Kantor Bagian.

Menurutnya, lantai satu adalah parkiran. Lantai 2 ada lobby dan ruang multifungsi. Di lantai dua juga ada kafe, ruang pameran dan galeri UMKM Kabupaten Pasuruan.

Lantai 3, ada dua kantor bagian dan beberapa ruang rapat. Sedangkan, di lantai 4 akan ada kantor bupati, wabup dan sekda.

"Selain itu juga ada semacam atrium di dalamnya. Mohon doanya untuk masyarakat Kabupaten Pasuruan, agar pembangunan bisa terlaksana dan lancar," paparnya.

Menurut dia, targetnya satu tahun kantor bupati sudah selesai dilaksanakan. Harapannya, tahun 2023 sudah bisa digunakan. ris