Gus Yani Beri Beasiswa Kepada Rozi Sampai Perguruan Tinggi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 16 Jul 2021 17:39 WIB

Gus Yani Beri Beasiswa Kepada Rozi Sampai Perguruan Tinggi

i

Bupati Gus Yani saat memberikan beasiswa kepada Achmad Fatchur Rozi (10) di kantornya, Jumat (16/7). SP

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Bupati Fandi Akhmad Yani memberikan beasiswa kepada Achmad Fatchur Rozi (10), siswa kelas 5 sebuah madrasah ibtidaiyah di Desa Gredek, Kecamatan Duduksampeyan, Gresik.

Achmad Fatchur Rozi atau biasa dipanggil Rozi adalah anak yatim piatu yang baru saja ditinggal kedua orang tuanya meninggal akibat terpapar Covid-19. Tragisnya, ibunya meninggal dalam keadaan hamil 7 bulan. Sehari kemudian ayahnya juga menyusul menghadap Sang Khalik.

Baca Juga: Beasiswa Santri Tahun 2024 Dilaunching

Bupati Gus Yani berharap dengan pemberian beasiswa dapat menjamin kelangsungan pendidikan Rozi setelah kedua orang tuanya meninggal.

"Beasiswa diberikan kepada Rozi mulai jenjang SMP sampai pendidikan jenjang S1 (sarjana)," ucap Gus Yani pada acara press release di kantornya, Jumat (16/7).

Pada kesempatan yang sama, Gus Yani menyampaikan permohonan maaf atas kejadian yang menimpa kedua orang tua Rozi. Ibunya, Mazrotul Afiroh (31) meninggal pada Rabu (14/7) lalu dalam keadaaan hamil 7 bulan.

Sebelumnya dikabarkan, Mazrotul yang sedang hamil 7 bulan terpapar Covid-19 mengalami kesulitan untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit. Semua rumah sakit yang didatangi menolak karena penuhnya daya tampung.

Baca Juga: Pemkab Sidoarjo Buka Beasiswa untuk 2.000 Penerima

Meski akhirnya Mazrotul mendapat perawatan di RSUD Ibnu Sina Gresik namun sudah terlambat. Belum sempat masuk ruang ICU karena overload, dia bersama bayi yang dikandungnya meninggal.

Suami Mazrotul, Fachruddin yang tidak bisa mendampingi istrinya karena sedang isolasi mandiri di rumah, sangat syok mendengar kabar duka tersebut.

Keesokan harinya, Kamis (15/7) dini hari Fachruddin menghembuskan nafas terakhirnya.

Baca Juga: Melalui Mudik Gratis, Pemkab Gresik Jemput 326 Santri Ponpes Tebu Ireng

Sebelum meninggal, Fachruddin sempat dibesuk oleh Bupati Gus Yani meski secara virtual. "Saat itu saya sempat berbicara dengan Almarhum ayahnya Rozi. Saya berharap dia tetap sabar dalam menghadapi ujian ini, tapi Allah berkehendak lain, beliau ikut wafat menyusul istrinya. Semoga keduanya husnul khatimah," ucap Gus Yani menceritakan dialog virtualnya dengan Fachruddin, ayahanda Rozi.

Menurut Gus Yani, bantuan berupa beasiswa kepada Rozi juga akan dinikmati oleh anak-anak lain yang orang tuanya meninggal akibat terpapar Covid-19. Semuanya akan diatur oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Gresik.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU