Gus Yani Beri Hadiah Umrah bagi Pemenang Kontes Bandeng Kawak

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 29 Apr 2022 11:18 WIB

Gus Yani Beri Hadiah Umrah bagi Pemenang Kontes Bandeng Kawak

i

Bupati Gus Yani dan Wabup Bu Min bersama pemenang kontes bandeng kawak.

 SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Kontes bandeng kawak yang digelar oleh Pemkab Gresik berlangsung meriah. Meski sempat diguyur hujan lebat dan sempat tertunda beberapa saat, namun masyarakat sangat antusias menyaksikan diumumkannya bandeng kawak jawara dan terbesar dalam event yang digelar di Alun-alun Gresik, Kamis malam (29/04/2022).

Mungkin menjadi hal yang tak terduga bagi para juara kontes bandeng. Bupati Fandi Akhmad Yani ternyata mempersiapkan hadiah istimewa berupa umrah bagi juara I, II, III dan juara harapan.

Baca Juga: Pemkab Gresik Buka Peluang Kuliah Kerja di Jerman

"Saya sampaikan selamat bagi para juara kontes bandeng. Kepada para pemenang, akan mendapat hadiah istimewa berupa umroh," kata Gus Yani.

Gus Yani mengungkapkan, diberikannya hadiah umrah bagi para juara kontes bandeng ini bukan tanpa alasan. Menurut Gus Yani, dengan diberikan hadiah umrah ini diharapkan menjadi sebuah motivasi dan spirit para petambak bandeng di Gresik untuk semakin semangat dalam budidaya bandeng.

"Gresik ini selain sebagai kota santri, juga terkenal dengan bandengnya. Maka hadiah umrah ini merupakan apresiasi kami kepada para juara dan motivasi bagi petambak lainnya untuk semakin bersemangat dalam budidaya bandeng," ungkapnya.

Bandeng kawak berbobot 18,04 kg dan panjang 92 cm milik Syaifullah Mahdi petambak asal Sumbersuci, Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik berhasil menjadi kontestan terbaik dan menyabet juara 1 dalam kontes bandeng tahun ini.

Baca Juga: Petrokimia Gresik Suplai Ratusan Paket Sembako untuk Dapur Umum Bencana Banjir di Gresik Selatan

Juara kedua diraih bandeng seberat 8,7 kg dengan panjang 78 cm, milik Rozikin, petambak asal Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujungpangkah. Disusul diurutan ketiga, bandeng kawak seberat 8,01 kg dengan panjang 74 cm, milik M Sobih, warga asal Desa Tanjung Widoro, Mengare, Kecamatan Bungah.

Dan juara harapan, Bandeng milik Ali Huda, petambak dari Desa Tanjung Widoro, Kecamatan Bungah, dengan berat 5,19 kg dan panjang 65 cm.

Selain hadiah umroh, para juara kontes bandeng juga mendapatkan hadiah uang senilai Rp15 juta bagi juara I, Rp10 juta bagi juara II, Rp5 juta bagi juara III dan Rp3,5 juta bagi juara harapan. Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik menyampaikan, kontes bandeng dan pasar bandeng tahun ini kembali digelar secara langsung dan dapat dinikmati oleh masyarakat.

Baca Juga: Klinik Mabarrot Ujungpangkah Kembali Beroperasi, Dibuka Resmi Bupati Gresik

Pasar bandeng ini juga menjadi sebuah tradisi masa lampau yang harus dilestarikan. Selain tradisi masa lampau, lanjut Gus Yani, tradisi ini juga menjadi pendorong bangkitnya ekonomi masyarakat.

"Alhamdulillah pasar bandeng kembali digelar sehingga dapat dinikmati oleh masyarakat Gresik. Mudah-mudahan dapat terus kita lestarikan tradisi yang sudah ada sejak masa lampau ini," ucap Gus Yani. grs

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU