Gus Yani Hadiahkan Al Quran kepada Mualaf Asal Thailand

Gus Yani memberikan kitab suci Al Quran dan perangkat shalat kepada mualaf asal Thailand di Masjid Agung Gresik. SP/Grs

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyaksikan prosesi seorang mualaf bernama Justin Lerschai Thamtong. Atas keseriusan Justin memeluk agama Islam, Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik itu memberikan hadiah istimewa berupa kitab suci Al-Quran dan seperangkat alat untuk salat.

Menariknya, Justin merupakan warga negara Thailand yang akan menikah dengan salah seorang wanita asal Gresik.

Prosesi pensyahadatan seorang warga negara Thailand itu dilakukan di Masjid Agung dan dibimbing oleh KH A Fathoni Abdussyukur, salah satu pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gresik.

Bupati Fandi Akhmad Yani usai menjadi saksi prosesi mualaf berpesan kepada yang baru memeluk Islam supaya benar-benar teguh dan ikhlas dalam keyakinan yang baru yaitu Islam hingga sampai akhir hayat.

Ia mengatakan, dalam Islam tentunya sudah diwajibkan untuk menunaikan salat. Oleh karena itu sudah menjadi tanggung jawab secara bersama sama mengajarkan ajaran agama sampai dia mendalaminya.

“Sepatutnya telah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk membimbing dan mengajarkan saudara kita yang sudah menjadi muallaf ini hingga memahami tata cara beribadah sesuai syariat Islam dan mengetahui apa saja yang dilarang dalam ajaran agama Islam,” ujarnya.

Menurutnya, Al-Quran yang diberikan kepada Justin tersebut mudah-mudahan dapat berguna sebagai panduan dan tuntunan dalam memeluk Islam. "Sengaja saya hadiahkan sebuah kitab suci Al-Quran ini supaya menjadi tuntunan saudara kita (Justin) dalam memeluk agama Islam. Semoga menjadikan manfaat baginya," tutur Gus Yani.