Gus Yani Minta Pramuka Jadi Promotor Penanganan Pandemi Covid-19

Gus Yani dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Kwarcab Pramuka Gresik oleh Ketua Kwarda Pramuka Jatim Muhammad Arum Sabil. SP

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani usai dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Gresik periode 2021-2023, mengajak seluruh komponen pramuka untuk menjadi garda terdepan dalam mengkampanyekan pentingnya menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi baru seperti saat ini. 

Pada hari ini, Kamis (14/10/2021) telah dilaksanakan pelantikan Majelis Pembimbing, Pengurus, Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Gresik yang dilangsungkan di ruang Mandala Bhakti Praja, Kantor Bupati Gresik.

Dalam sambutannya, Gus Yani sapaan akrab Bupati Gresik mengatakan bahwa hingga hari ini tingkat resiko penyebaran kasus Covid-19 di Gresik cenderung menurun. Hal ini menurut Gus Yani patut disyukuri, namun kendati demikian masyarakat harus tetap waspada dan menjadi satu perhatian untuk tidak boleh lengah ataupun berlebihan dalam ber-euforia.

“Hampir dua tahun kita terkepung oleh situasi pandemic Covid-19. Dan saat ini tingkat resiko penyebaran Covid-19 di Gresik sudah cenderung melandai. Kami harap kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada dan tidak lengah, tetap patuhi protokol kesehatan,” ujar Gus Yani.

Oleh sebab itu, Gus Yani ingin agar seluruh komponen dalam gerakan pramuka di Gresik untuk menjadi promotor dalam mengkampanyekan pentingnya penerapan protokol kesehatan. “Kita tunjukkan bahwasannya kader pramuka sebagai promotor dalam mengkampanyekan protokol kesehatan. Saya mengajak seluruh kader pramuka untuk menunjukkan dedikasi untuk Kabupaten Gresik dalam penanganan Covid-19,” ucap Gus Yani.

Ia juga menyampaikan apresiasi terhadap seluruh kader pramuka yang juga berperan aktif dalam percepatan vaksinasi di Kabupaten Gresik. “Kemarin sudah dilaksanakan vaksinasi oleh Gerakan Pramuka Kwarcab Gresik dengan 3200 dosis vaksin, ini merupakan suatu bentuk kolaborasi yang baik antara gerakan pramuka dengan pemerintah dalam kaitannya percepatan vaksinasi di Kabupaten Gresik,” katanya.

Untuk itu, kedepan Gus Yani ingin agar seluruh komponen pramuka untuk terus kompak dan meningkatkan kebersamaan antar sesama. Sebab, kata Gus Yani, kekompakan adalah kunci utama dalam membangun organisasi di tubuh pramuka.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Jawa Timur, Muhammad Arum Sabil, mengatakan bahwa melalui kegiatan pramuka produktif, kwarda Jawa Timur akan mengajak seluruh cabang se-Jawa Timur untuk ambil bagian dalam mengembangkan kegiatan pramuka.

“Mari kita semua bergandengan tangan, bersinergi dengan program pemerintah terutama untuk membantu memulihkan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemic Covid-19. Pendidikan karakter tentu harus dikembangkan oleh gerakan pramuka, namun kita juga harus tetap peduli terhadap keadaan masyarakat dan lingkungan dengan berbagai program nyata yang menyentuh dan berdampak langsung bagi masyarakat,” katanya.

Dirinya yakin bahwa di Kabupaten Gresik seluruh anggota Mabicab dan seluruh anggota pramuka akan berkomitmen untuk menjalankan tugas dan mengemban tanggung jawab untuk membesarkan nama pramuka di Kabupaten Gresik.