Guyonan Baliho 'RI 1' Putra Jokowi Goyang Kubu Puan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 19 Agu 2021 20:36 WIB

Guyonan Baliho 'RI 1' Putra Jokowi Goyang Kubu Puan

i

Baliho "Saya siap untuk RI 1?" milik Kaesang.

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Jokowi membuat unggahan yang mengagetkan tepat di HUT RI ke-76. Ia mengunggah layar berisi tulisan dengan kalimat yang langsung mencuri perhatian. "Saya siap untuk RI 1?" demikian tulisan di layar yang diunggah sejak Selasa (17/8/2021).

Meski niatnya bercanda, unggahan kekasih Nadya Arifta ini langsung mencuri perhatian para pengikutnya. Semua unit usahanya menyatakan kesetiaannya kepada Kaesang. "Dengan sepenuh hati, jiwa, dan ragaku padamu, Mas," tulis @lestoast.id yang disematkan Kaesang sebagai komentar paling atas. Kaesang pun membalas dengan seolah-olah serius, "Terima kasih atas dukungannya."

Baca Juga: Jelang Putusan MK Terkait Sengketa Pilpres 2024, Khofifah : Insya Allah  Prabowo-Gibran Menang

Candaan Kaesang ini langsung memanaskan bursa calon presiden (capres) 2024. Pasalnya belakangan marak baliho dan billboard bergambar foto Puan Maharani dengan tagline 'Kepak Sayap Kebhinnekaan' bertebaran.

Baliho dan billboard bergambar foto Puan dengan tagline 'Kepak Sayap Kebhinnekaan' bertebaran di banyak tempat. Baliho dan billboard tersebut dipasang anggota Fraksi PDIP DPR RI di daerah pemilihan (dapil) masing-masing.

Baliho dan billboard tersebut juga dipasang di sejumlah dapil tempat PDIP tidak memiliki kursi DPR. Di daerah tersebut, baliho dan billboard Puan dipasang DPD dan anggota fraksi setempat.

Adapun beberapa dapil di mana PDIP tidak memiliki kursi DPR, di antaranya Sumatera Barat I-II dan Aceh I. PDIP sendiri tidak membatasi berapa banyak baliho atau billboard yang harus dipasang.

"Yaitu di Sumbar I, Sumbar II, Aceh I, Aceh II, Gorontalo, dan NTB 2 dipasang oleh DPD dan Fraksi PDI Perjuangan setempat. Berapa total jumlah yang dipasang belum ada laporan, karena setiap anggota Dewan tidak dibatasi harus pasang sekian. Ini pembiayaannya gotong royong," kata Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu, Bambang Wuryanto, dalam keterangan yang diterima detikcom, Jumat (6/8/2021).

Baca Juga: Mengapa Gibran dan Bapaknya Diusik Terus

Rencananya baliho dan billboard Puan akan dipasang selama dua bulan, sejak 15 Juli hingga 15 September 2021. Namun, menurut elite PDIP yang kerap disapa Bambang Pacul itu, tidak menutup kemungkinan akan dipasang selama tiga bulan.

"Sebab di lapangan ada (penyewaan billboard) yang tidak mau memberi diskon biaya, tapi diberi tambahan waktu pemasangan," ungkap Bambang pacul.

Soal anggapan pemasangan baliho Puan Maharani sebagai persiapan Pilpres 2024, Bambang Pacul tidak mempersoalkan. Sebab, menurutnya, perihal capres dan cawapres merupakan kewenangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Ini lebih ke internal. Soal capres dan cawapres clear kewenangan Ketua Umum. Dibilang (persiapan) 2024, persepsi orang siapa yang melarang? Pikiran dan perasaan tidak bisa dipenjara. Mau dibilang mau nyapres monggo, mau sebagai bentuk kegembiraan sebagai Ketua DPR RI perempuan pertama ya monggo," tegasnya.

Baca Juga: Kesimpulan Paslon 01 dan 03: Sumber Masalahnya, Gibran dan Cawe-cawenya Jokowi

Kembali ke Kaesang, apakah putra presiden ini berniat nyapres? Usut punya usut, ternyata postingan 'Saya Siap untuk RI 1' itu promosi untuk produk makanan. Maksud dan tujuan postingan 'Saya Siap untuk RI 1' itu terungkap lewat Instagram Kaesang, @kaesangp, seperti dilihat Rabu (18/8/2021).

Kaesang memposting baliho dirinya yang tengah memegang roti. Ada juga tulisan 'Saya Siap untuk RI 1' di baliho tersebut.

"Baliho di mana-mana untuk PT Roti Indonesia Satu alias RI 1," tulis Kaesang di akun Instagram-nya.jk/rl/bs

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU