Habbatussauda Berpotensi Sembuhkan Infeksi Covid-19

Habbatussauda atau jintan hitam. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Selama wabah pandemi Covid-19, banyak sekali rempah yang menjadi populer dan diklaim dapat membantu proses penyembuhan, salah satunya penggunaan jintan hitam. Jintan hitam digadang-gadang juga dapat mengatasi virus Corona.

Pemanfaatan jintan hitam biasanya melalui proses ekstraksi menjadi minyak. Masyarakat Indonesia banyak yang mengenalnya dengan sebutan Habbatussauda. Komponen istimewa dari minyak ini adalah thymoquinone, senyawa yang memiliki sifat antioksidan bagi tubuh. Keandalan ini membuatnya sangat bermanfaat untuk terapi penyembuhan dan perawatan kesehatan.

Selama pandemi banyak orang memanfaatkan habbatussauda. Beredar beberapa video pada social media seperti Facebook dan Twitter menyebutkan khasiatnya mengatasi virus Corona. Beberapa akun kedapatan membagikan video yang mengatakanrempah ini adalah penangkal virus corona.

Peneliti asal Australia menyebut bahwa kandungan dalam habbatussauda atau jintan hitam memiliki potensi menyembuhkan infeksi Covid-19. Studi yang dilakukan oleh University of Technology Sydney (UTS) yang dipublikasi di jurnal Clinical and Experimental Pharmacology and Physiology ini juga mengungkap kemungkinan habbatussauda menghentikan badai sitokin, penyebab penyakit parah pasien Covid-19.

"Ada semakin banyak bukti dari studi pemodelan bahwa thymoquinone, bahan aktif Nigella Sativa, lebih dikenal sebagai Bunga Adas dapat menempel pada protein lonjakan virus Covid-19 dan menghentikan virus menyebabkan infeksi paru-paru," ujar Profesor Kaneez Fatima Shad, Minggu (8/8/2021).

Narasi seperti habbatussauda mampu menjaga kekebalan tubuh, meningkatkan imun tubuh dan memiliki harga terjangkau membuat orang tertarik menjual atau membelinya. Pasien pengidap Corona malah dianjurkan mengonsumsi dengan takaran 800 miligram untuk setiap kilogram berat badan. Dikatakan pula banyak mayoritas pasien Corona di China banyak sembuh menggunakan si jintan ini.

Menurut ketua Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia, jintan hitam bersifat imunomodular. Artinya minyak tersebut dapat meningkatkan respons imunitas dan mempercepat penyembuhan penyakit akibat virus.

Pernah ada uji klinis habbatussauda terhadap wabah SARS dan memiliki potensi cukup baik. Namun untuk orang dengan infeksi virus Corona belum ada dan butuh penelitian lebih lanjut. Tak hanya itu, habbatussauda juga telah terbukti memiliki sifat anti-oksidan dan anti-kanker, ini dapat membantu meredakan peradangan di dalam tubuh termasuk kulit ketika dioleskan.

World Health Organization atau WHO menyatakan saat ini belum ada obat yang memiliki lisensi untuk mengobati virus Corona. Hal ini membuat klaim bahwa habbatussauda belum teruji secara klinis dan masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Dsy9