Hadapi "Kelas Eropa", Juara Bertahan Timpang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 22 Jul 2022 20:04 WIB

Hadapi "Kelas Eropa", Juara Bertahan Timpang

i

Hanno Behrens (kiri) dan Ilija Spasojevic (kanan)

Liga 1 Dibuka Bigmatch Bali United vs Persija

 

Baca Juga: Meski Timnas Indonesia Divoor Vietnam 1/4 Bola, Shin Tae-yong Siap Curi Kemenangan

SURABAYAPAGI.COM, Gianyar - Bali United dan Persija Jakarta sama-sama datang tanpa kekuatan penuh di laga perdana di Liga 1 musim 2022/2023.  Big match langsung tersaji pada pekan perdana Liga 1 Indonesia 2022/2023 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali dan akan disiarkan langsung Indosiar dan live streaming di Vidio.com, Sabtu (23/7/2022) malam ini pukul 18:30 WIB.

Sayangnya, menjelang laga perdana ini, kabar kurang baik menyelimuti skuad Bali United. Sebaliknya, Persija Jakarta, datang dengan kekuatan penuh yakni tiga pemain asing barunya, Hanno Behrens, Michael Kremencik dan Ondrej Kudela.

Sebagai juara bertahan, Bali United terancam bakal kehilangan beberapa pemain di laga perdananya. Selain itu, tak ada uji coba yang dilakukan Ilija Spasojevic dkk untuk persiapan menghadapi laga lawan Persija Jakarta. Sejak tersingkir dari penyisihan grup Piala AFC 2022 zona ASEAN pada 30 Juni 2022, Bali United tak pernah lagi menjalani pertandingan, baik laga uji coba atau resmi.

Adapun pemain-pemain yang cedera dan dipastikan tidak bisa memperkuat Bali United melawan Persija di antaranya gelandang serang Kadek Agung Widnyana Putra, gelandang bertahan Hariono, serta gelandang serang Sidik Saimima.

Meski begitu, Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, berharap bisa mengawali kompetisi dengan kemenangan. "Kita akan melawan mantan tim saya, Persija, sebuah klub besar. Kita harus kerja ekstra keras untuk bisa memenangkan pertandingan. Kita juga minta suporter bisa memenuhi stadion, untuk memberi semangat ke pemain, agar tim bisa main bagus dan bisa memenangkan pertandingan," ucap Teco.

Sedangkan, Bali United, antusias akan menghadapi Persija yang akan dihuni 3 pemain asing anyar dengan kualitas Eropa. Untuk itu, bek Bali United, Jajang Mulyana, tak gentar. "Bagi saya pertandingan ini bakal seru karena di sana juga dihuni pemain-pemain dari Eropa. Terpenting bagi Bali United adalah tetap fokus, tetap kerja keras, supaya kita bisa menghalau serangan-serangan mereka," kata Jajang.

Kehadiran Jajang memberi sinyal bahwa dia akan dimainkan pelatih Stefano Cugurra Teco, menggantikan Leonard Tupamahu yang absen. Leo harus absen pada laga pertama karena menyelesaikan kursus pelatih lisensi B AFC. Pada bulan ini, Leo menjalani modul kedua hingga duet Willian Pacheco harus digantikan Jajang.

Baca Juga: Arsenal Ketemu Bayern, Madrid Hadapi City

 

Ingin Pecah Rekor

Sementara itu, pelatih Persija Thomas Doll, ingin sekali membawa timnya untuk bisa memecahkan rekor tak pernah menang atas Bali United. Apalagi kini, Bali United dalam musim 2022/2023 ini mengusung juara bertahan secara beruntun.

Berdasarkan catatan pertemuan, Bali United sangat superior ketika berhadapan dengan Persija Jakarta. Dalam 14 pertemuan terakhir di semua kompetisi, Serdadu Tridatu menang sembilan kali dan hanya kalah dalam tiga pertandingan. 

Baca Juga: Menang Perdana, Bajul Ijo Catat Rekor Gol Tercepat

Kemenangan terakhir Persija Jakarta bahkan terjadi nyaris empat tahun lalu, tepatnya Desember 2018, dengan skor 2-1. Meski catatan tak berpihak ke Persija, Thomas Doll tak memedulikannya. Dia menyatakan hanya fokus untuk laga Sabtu hari ini dan bertekad bawa tim Ibu Kota mengukir kemenangan di markas Bali United. 

"Saya bukan fans soal statistik, itu masa lalu, kita tak bisa ubah, jadi sekarang kita mulai laga baru dengan pemain baru. Jadi buat saya ini sangat penting," tegas pelatih 56 tahun itu. 

"Kami respek karena Bali United tim juara, mereka lebih baik dari Persija, unggul 30 poin musim lalu. Tapi kami harus angkat Persija secara perlahan karena ini klub besar, klub bersejarah, besok kita lihat mungkin kita akan ubah statistik itu," sambung Thomas Doll. 

Thomas Doll bakal membawa 21 pemain untuk menantang Bali United. Pemain asing anyar Persija Jakarta, Abdulla Yusuf dipastikan belum akan turun pada laga ini. Sementara 3 pemain asing lain yakni Hanno Behrens, Michael Krmencik, dan Ondrej Kudela bisa bermain. rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU