Hadapi New Normal, DPRD Kota Kediri Usul Dana Prodamas Dikembalikan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 09 Jun 2020 17:26 WIB

Hadapi New Normal, DPRD Kota Kediri Usul Dana Prodamas Dikembalikan

i

Komisi A DPRD Kota Kediri saat melakukan rapat dengar pendapat bersama OPD terkait

Baca Juga: 16 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kediri Dimutasi

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Menghadapi masa new normal atau era normal baru, DPRD Kota Kediri mengusulkan ke Pemkot Kediri untuk mengkaji pengembalian dana Program Pemberdayaan Masyarkat (Prodamas). Pasalnya, pengembalian dana tersebut dinilai dapat membantu masyarakat secara langsung dalam pemulihan ekonomi.
 
Ketua Komisi A DPRD Kota Kediri, Reza Darmawan mengatakan, pihaknya mengapresiasi langkah Pemkot Kediri dalam memberlakukan normal baru lebih cepat dari daerah lain. Sebab langkah tersebut dapat mendongkrak perekonomian masyarakat Kota Kediri.
 
"Kita dorong Pemkot Kediri melakukan terobosan dan memberikan subsidi untuk pemulihan ekonomi dalam masa normal baru. Seperti terobosan program yang berhubungan langsung dengan masyarakat, salah satunya kita dorong untuk mengkaji pengembalian dana Prodamas," ujarnya usai rapat dengar pendapat diruang Komisi A DRPD Kota Kediri, Selasa (9/6/2020).
 
Menurutnya, pengembalian dana Prodamas yang tidak harus utuh 100% nantinya sangat membantu masyarakat secara langsung dan merasakan dalam pemulihan ekonomi. 
 
"Perlu diingat di Kota Kediri ini perputaran uang di pemerintah lebih besar dibanding swasta. Jadi usulan mengembalikan dana Prodamas yang tidak besar dan hanya kisaran Rp 15 - 30 Juta diharapkan dapat membantu perputaran uang di masyarakat. Kita usulkan agar Pemkot Kediri segera melakukan kajian," tandas pria yang juga politisi PAN.
 
Ia menegaskan, pengembalian dana Pordamas ini bisa bersinergi dengan program normal baru pemerintah pusat. Sebab poin dari normal baru tersebut yakni pemulihan ekonomi. 
 
"Menurut saya ini sangat efisien untuk pemulihan ekonomi masyarakat. Untuk teknisnya nanti biar Pemkot yang membahas karena mereka yang lebih paham dengan program itu," pungkasnya.
 
Lanjut Reza, sejauh ini langkah Pemkot Kediri dalam penanganan Covid-19 sudah sangat baik. Terlebih dalam pendataan penerima bantuan yang saat ini sudah berjalan.
 
Reza juga mengaku dalam penanganan Covid-19 sangat dibutuhkan data penduduk yang akurat. Pasalnya, dengan data akurat yang tersinkronisasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) akan berdampak besar pada penanganan Covid-19 saat ini.
 
"Selain pengkajian pengembalian dana Prodamas, kita juga dorong Pemkot Kediri melakukan pendataan lokal. Sebab dengan pendataan lokal yang tersinkronisasi, saya yakin sangat berpengaruh besar dalam penanganan Covid-19, sehingga bisa lebih cepat dan tepat sasaran," imbuhnya. Can

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU