Hal yang Harus Dipertimbangkan Ketika Sewa Gudang Pendingin

sewa gudang pendingin untuk bisnis

SURABAYAPAGI.COM: Gudang pendingin biasanya digunakan untuk menyetok produk -produk yang harus dibekukan. Salah satunya seperti daging. Banyak pengusaha daging yang memilih sewa gudang pendingin agar stok daging aman dan tidak cepat rusak. Tidak hanya pengusaha daging, bisnis manufaktur dan bisnis farmasi atau obat-obatan juga membutuhkan gudang pendingin atau cold storage. Dengan menyewa cold storage, pebisnis skala kecil dan menengah tidak harus membangun gudang sendiri.

Bangunan gudang tidak hanya digunakan untuk menyimpan bahan baku namun juga untuk menyimpan produk yang siap dijual. Tidak mengherankan bahwa jika bisnis semakin besar maka cold storage yang dimiliki juga harus semakin luas. Jika anda adalah pengusaha yang ingin menyewa cold storage, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar produk lebih awet disimpan di dalam gudang.

Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Sewa Gudang Pendingin

Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika menyewa cold storage:

1.    Mengenali Jenis Barang yang Dimiliki

Setiap bisnis memiliki kebutuhan yang berbeda satu sama lain mulai dari bahan baku, peralatan pendukung sampai mesin produksi tentunya juga sangat berbeda. Karena itulah, sebelum memutuskan untuk menyewa gudang, maka pastikan anda benar-benar memahami barang yang anda miliki. Karena tidak semua bangunan gudang berpendingin bagus untuk menyimpan barang-barang yang anda miliki. Misalnya jika bahan untuk bisnis anda mudah rusak serta tidak tahan lama maka anda membutuhkan bangunan dengan sistem pendingin yang baik.

2.    Memaksimalkan Sumber Daya Manusia yang Dimiliki

Sebagai pemilik bisnis, anda harus menentukan berapa banyak sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan. Karena akanberhubungan dengan proses pemeliharaan barang dan proses distribusi yang aman. Dengan memaksimalkan sumber daya manusia yang professional, gudang anda beserta dengan isinya akan terjaga dengan baik.

3.    Menentukan Waktu Penyimpanan

Seorang pemilik bisnis harus mengetahui berapa lama barang yang dimilikinya bisa disimpan dan bagaimana cara merawatnya agar bisa bertahan lama. Karena tidak semua barang yang disimpan begitu saja. Anda tentunya tidak ingin rugi karena penyimpanan barang yang tidak tepat, kan?

4.    Ukuran dan Luas Gudang Berpendingin

Ukuran dan luas gudang pendingin harus diperhatikan sebelum anda sewa gudang pendingin. Biasanya, ukuran gudang berpendingin variative mulai dari yang kecil sampai dengan yang besar. Ukuran serta luas gudang berpendingin sangat mempengaruhi pelaku usaha dalam menyimpan stok barang. Tidak hanya itu, semakin luas gudang refrigerasi maka semakin besar juga tenaga, biaya dan waktu untuk perawatannya. Ukuran gudang berpendingin ini akan diukur per kubik yang disertai dengan harganya.

Jenis-Jenis Usaha yang Membutuhkan Cold Storage

No

Jenis Usaha yang Butuh Cold Storage

Penjelasan

1

Food processing

Bidang makanan ini tentu bergelut di dalam proses makanan baik itu mentah ataupun matang

2

Restoran

Untuk menyimpan bahan-bahan makanan agar tetap segar

3

Penyimpanan medis

Untuk menjaga keawetan obat agar tetap layak untuk dikonsumsi

 

5.    Iklim pada Area Gudang Pendingin

Lokasi gudang pendingin biasanya berada di pusat kota. Misalnya di daerah pesisir laut atau di dekat pegunungan, maka pertimbangannya aktivitas pemuatan barang di gudang berpendingin tidak mengganggu kenyamanan dan akses penghuni. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan bagaimana cuaca dan iklim di area gudang pendingin. Apakah panas, lembab atau dingin? Suhu pada area gudang pendingin juga mempengaruhi kualitas barang ketika disimpan. Oleh karena itu, wajar untuk mengatur bagaimana sirkulasi udara dan suhu pada gudang pendingin tetap optimal.

6.    Area Gudang

Ini menjadi perhatian penting. Anda tentunya ingin menyewa Gedung terjangkau di dekat kantor anda. Ini membuat biaya turun serta menghemat biaya transportasi. Tetapi perlu untuk menyeimbangkan keterjangkauan dengan pertimbangan lainnya. Misalnya jika bisnis anda sangat bergantung pada transportasi maka lokasi yang dekat dengan bandara, jalan raya atau pelabuhan menjadi penting. Selain itu, beberapa daerah di dalam kota lebih baik dibandingkan dengan yang lain. Makelar berpengalaman dengan sejarah penjualan yang mengesankan di daerah itu bisa sangat berharga di sini.

7.    Fasilitas dalam Gudang

Jika hanya penyimpanan barang yang dibutuhkan maka hanya dibutuhkan ruangan dengan proporsi yang tepat. Sambungan listrik menjadi suatu keharusan. Tetapi jika ada staf yang menjaga gudang, fasilitas tambahan mungkin dibutuhkan. Sambungan air dan kamar tambahan adalah contohnya. Biaya gudang tergantung pada ukuran sertautilitas di gudang.

*)Konten ini ditulis oleh Core Freelancers, penyedia jasa pembuatan website untuk bisnis anda. ***