Home / Peristiwa : Kabupaten Kediri Gelar Event Aquatic 2023

Hampir Seribu Peserta Ikut Meriahkan Kontes Ikan Chana, Lele dan Ikan Cupang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 19 Mar 2023 19:31 WIB

Hampir Seribu Peserta Ikut Meriahkan Kontes Ikan Chana, Lele dan Ikan Cupang

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Dinas Perikanan Kabupaten Kediri menggelar event Kediri Aquatic 2023 selama 3 hari dari tanggal 17-19 Maret 2023.

Event tahunan kali ini digelar dengan tema Local Oriental Fish Contest And Show. Kegiatan ini iadakan di Basement Simpang Lima Gumul Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri.

Kepala Dinas Perikanan Nur Hafid usai membuka event tersebut mengatakan ada tiga jenis kategori ikan yang dikonteskan.

"Ada tiga kegiatan dalam penilaiannya. Hari pertama ikan chana dan kedua ikan cupang dan yang terakhir ikan lele,” ujarnya.

Mur hafid menjelaskan, event tahunan ini melibatkan kelompok budidaya ikan di Kabupaten Kediri. Menurutnya, tiga jenis ikan yang dilombakan ini diharapkan dapat mendongkrak animo daya beli masyarakat terhadap ikan hias.

"Banyak ikan hias yang nilainya turun, maka kita bangkitkan lagi. Sesuai dengan arahan mas bupati. Kita diminta untuk peduli terhadap masyarakat. Karena tupoksi saya di Perikanan saya harus peduli terhadap Perikanan," tuturnya.

Disamping itu tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk membranding memperkenalkan kepada masyarakat luar jika Kabupaten Kediri merupakan salah satu wilayah di Jawa Timur sebagai penghasil ikan lele terbesar.

Sementara itu Nur Hafid menganggap potensi pasar ikan chana di wilayah Kabupaten Kediri sudah cukup bagus. Menurutnya saat ini sudah ada 10 budidaya ikan Chana di Kabupaten Kediri.

"Ikan ini kan tergolong baru asalnya dari ikan gabus yang diseleksi bentuknya bagus lalu dikembangkan. Sedangkan kontes ikan Chana memang pertama kali di Kabupaten Kediri ya, baru ini kita fasilitasi setelah bertemu denga komunitas ikan chana," jelas Nur Hafid.

Ada 8 kelas kategori jenis ikan chana yang dilombakan. Dalam kontes ini Dinas Perikanan melibatkan 5 Dewan Juri dari luar kota diantaranya dari trenggalek, Cilacap, Salatiga, Madiun dan Mojoroto.

Even Kediri Aquatic 2023 ini merupakan salah satu rangkaian dari hari jadi Kabupaten Kediri ke -1219.

Sementara untuk kontes ikan lele dan cupang diikuti sekitar 80 orang. Mereka berlatar belakang pembenih serta pembudidaya dari Kabupaten Kediri.

"Penilaian kontes Ageng agengan ikan lele ada dua indikator kuantitatif dan kualitatif. Karena temanya ini kan Ageng agengan jadi porsi nilai utama ditingkat bobotnya lele," jelas Nur Hafid.

Untuk jenis lele yang dikonteskan bebas, baik jantan, betina maupun lele Albino. Potensi ikan lele di Kabupaten Kediri sangat bagus. Sebab dalam sehari kebutuhan ikan lele untuk konsumsi di Kabupaten Kediri bisa mencapai 40 -50 ton.

Pada kontes Ikan lele dan cupang pemenang akan diambil 6 peserta. Juara 1,2,3 serta juara harapan 1,2,3. Hadiah juara 1 berupa uang Rp 1,5 juta.

Bersamaan dengan itu di lokasi yang sama juga dilakukan penjurian terhadap kontes ikan cupang. Penilaian kontes ikan cupang memperhatikan tiga aspek yaitu warna, bentuk dan tingkah laku ikan. Peserta diperkirakan berjumlah 350 - 400. Peserta bukan hanya berasal dari Kediri saja, melainkan juga dari Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi. Kontes ikan cupang terdiri dari 39 kelas .

Sejauh ini Dinas Perikanan Kabupaten Kediri selalu ikut berkontribusi mendorong pembudidaya ikan supaya lebih menguasai teknologi baru. Jika ada teknologi baru terkait budidaya ikan Dinas Perikanan selalu turun ke bawah melakukan sosialisasi. Selain itu juga telah memfasilitasi kegiatan yang bersifat promosi seperti kontes dan show. can

Editor : Moch Ilham

Tag :

BERITA TERBARU