Hanafi Rais Mundur dari PAN dan DPR

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 05 Mei 2020 21:15 WIB

Hanafi Rais Mundur dari PAN dan DPR

i

Hanafi Rais . SP/MP

SURABAYA PAGI, Jakarta - Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) periode 2019-2024, putra sulung Amien Rais, Hanafi Rais menyatakan mundur dari kepengurusan Partai Amanat Nasional (PAN), sekaligus mundur dari jabatannya di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Keputusan Hanafi terlampir dalam surat tertanggal 5 Mei 2020.

 

Baca Juga: DPR Minta Prioritaskan Perberasan, Ketimbang IKN

"Bersama surat ini, saya menyatakan mengundurkan diri dari kepengurusan DPP PAN 2020-2025, dari Ketua Fraksi PAN DPR RI, dan dari anggota DPR RI Fraksi PAN 2019-2024," ujar Hanafi lewat surat pengunduran dirinya yang diterima, Selasa (05/05).

 

Dalam surat tersebut, Hanafi menjelaskan bahwa PAN telah melewati Kongres V yang penuh kekerasan dan mencoreng wajah partai. Padahal, forum lima tahunan tersebut seharusnya menjadi momentum untuk memperbaiki partai.Pengunduran diri Hanafi itu tertera dalam surat pengunduran diri tertanggal 5 Mei 2020. Surat tersebut ditandatangani langsung olehnya di atas materai

 

Baca Juga: Media Asing dan Perludem, Soroti Selebriti Nyaleg

Menurutnya, kecenderungan melakukan konformitas terhadap kekuasaan, bukanlah sikap yang adil. Padahal, banyak kader dan simpatisan menaruh harapan PAN menjadi antitesis dari pemegang kekuasaan.

 

Dalam surat tersebut, Hanafi tak menjelaskan secara pasti alasan ia mundur dari PAN. Di akhir suratnya, ia hanya menyampaikan permintaan maaf atas segala kekurangannya.

Baca Juga: PAN dan Golkar Ingatkan Hak Angket dengan Peta Politik di DPR

 

Saat ini belum dapat dikonfirmasi Hanafi dan pengurus DPP PAN, terkait pengunduran diri tersebut. Diketahui, pada Selasa (05/05) partai PAN tengah melaksanakan rapat kerja nasional (Rakernas) secara virtual.

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU