Harga Bahan Pangan Naik, Pemkab Sumenep Belum Berencana Gelar Operasi Pasar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 10 Mar 2023 09:26 WIB

Harga Bahan Pangan Naik, Pemkab Sumenep Belum Berencana Gelar Operasi Pasar

i

Foto ilustrasi. Foto: Antara.

SURABAYAPAGI.COM, Sumenep - Harga sejumlah bahan pangan pokok di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, mulai menunjukkan ada kenaikan menjelang Ramadhan 2023 atau 1444 Hijriyah. Pedagang di pasar menyebut, kondisi ini biasanya akan berlangsung hingga usai lebaran.

Kendati demikian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumenep belum berencana menggelar pasar murah.

Baca Juga: Pertengahan Ramadhan, Harga Sembako di Pasar Tradisional Mulai Berangsur Landai

"Sementara kami belum ada rencana (menggelar pasar murah)," kata Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Sumenep, Noer Lisal Anbiyah, Kamis (9/3/2023).

Menurut Noer, kenaikan harga sembako menjelang Ramadhan di Sumenep masih dalam kategori batas wajar. Salah satunya komoditas cabai rawit yang mengalami kenaikan sebesar 15 hingga 20 persen dari harga normal.

"Perhitungan kami di dinas (Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan) itu memang ada kenaikan harga bahan pokok, naiknya 15-20 persen dan itu wajar karena permintaan di pasar naik," ujarnya.

Baca Juga: Aktivis Praja Sumenep Demo Soroti Peredaran Minol

Pihak Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Sumenep mengaku telah melakukan pemantauan harga sembako di pasar tradisional secara rutin. Pemantauan harga tersebut dilakukan di Pasar Anom baru sebagai pasar induk dan Pasar Bangkal sebagai pembanding.

Selain itu, Noer juga memastikan pasokan sembako dari daerah penyuplai tetap lancar masuk ke Sumenep. Ia juga akan meningkatkan pengawasan untuk menghindari penimbunan.

"Kita tetap lakukan pengawasan, apalagi menjelang Ramadhan seperti saat ini," tuturnya.

Baca Juga: Bupati Sumenep Himbau Agar Produk Lokal Dipertahankan

Sebelumnya, sejumlah pedagang di pasar tradisional di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, menyampaikan adanya kenaikan harga bahan pokok menjelang Ramadhan 1444 H. Salah satu contohnya cabai rawit yang mengalami kenaikan hingga Rp 74.000 per kilogram dimana di pekan sebelumnya masih seharga Rp 60.000 per kilogram.

Tak hanya itu, bahan pokok lainnya juga mengalami kenaikan seperti bawang putih. Harga bawang putih kini mencapai Rp 32.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 20 ribu per kilogram. smn

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU