Harga Beras di Jatim Tunjukkan Tren Peningkatan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 01 Des 2022 20:55 WIB

Harga Beras di Jatim Tunjukkan Tren Peningkatan

SURABAYAPAGI, Surabaya - Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur menyampaikan perkembangan harga beras di tingkat produsen dari September hingga November 2022 terus menunjukkan tren peningkatan di Jawa Timur

Rata-rata harga beras medium di Jawa Timur pada tingkat penggilingan di November 2022 sekitar Rp 9.370 per kilogram. Sedangkan beras premium berada di harga Rp 10.750 per kilogram.

Baca Juga: Pemerintah Terkejut Harga Beras di Pasar Tradisional Masih Mahal

"Di tingkat konsumen rata-rata harga beras medium sekitar Rp 10.200 per kilogram dan beras premium sekitar Rp 11.700 per kilogram," kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Hadi Sulistyo, Kamis (1/12).

Ia menjelaskan, kenaikan harga beras tersebut dipicu oleh kenaikan biaya produksi seperti harga komponen pupuk, pestisida, biaya mekanisasi, kenaikan harga, serta kenaikan variabel cost lainnya. Selain itu kondisi panen saat ini terbatas, sehingga jumlah pasokan juga terbatas.

"Yang mana variabel tersebut tentunya sangat memberikan pengaruh terhadap kenaikan harga beras di pasaran," ujarnya.

Berdasarkan data Siskaperbapo Pemprov Jatim, harga rata-rata beras di pasaran memang mengalami kenaikan. Harga beras kualitas biasa yang biasanya di harga Rp 8-9 ribu per kilogram saat ini berada di harga Rp 10.100 per kilogram.

Baca Juga: Tata Kelola Beras Amburadul

Sedangkan harga beras kualitas premium yang biasanya di harga Rp 9-10 ribu per kilogram, saat ini berada di harga Rp 11.800 per kilogram.

Di sejumlah pasar di Surabaya, harga beras juga terpantau naik. Di Pasar Tambahrejo misalnya, harga beras kualitas biasa berada di harga Rp 11 ribu per kilogram.

Sedangkan beras kualitas premium di harga Rp 12.500 per kilogram. Kemudian di Pasar Wonokromo, harga beras kualitas biasa berada di harga Rp 11 ribu per kilogram. Sedangkan beras kualitas premium mencapai Rp 14 ribu per kilogram.

Baca Juga: Stok Beras di Trenggalek Aman hingga Lebaran

Selanjutnya di Pasar Genteng, harga beras kualitas biasa berada di harga Rp 10.500 per kilogram. Sedangkan beras kualitas premium di harga Rp 12.500 per kilogram.

Kemudian di Pasar Pucang Anom dan Pasar Keputran, harga beras kualitas biasa berada di harga Rp 10.500 per kilogram. Sedangkan beras kualitas premium di harga Rp 12.500 per kilogram.

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU