Harga Beras Naik, Pedagang Beras Sepi Pembeli

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 17 Nov 2022 18:48 WIB

Harga Beras Naik, Pedagang Beras Sepi Pembeli

i

Salah satu kios pedagang beras di Pasar Kendung. SP/ANDRI

SURABAYAPAGI, Surabaya - Harga pangan di Kota Surabaya mayoritas terpantau stabil, Kamis (17/11/22). Namun, harga cenderung naik bagi beberapa komoditas seperti beras, tepung terigu, daging ayam dan sapi, serta bawang merah.

Untuk beras jenis premium terpantau naik Rp 100, sedangkan untuk jenis medium stabil dengan angka Rp 10.900 per Kg. Kenaikan harga beras ini membuat pedagang beras merasa kaget dikarenakan terjadinya pandemi dan harga BBM naik, harga beras meningkat drastis.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Usulkan SERR ke Pusat

Salah satu wanita pedagang beras di Pasar Kendung, Bagas merasakan imbas dari kenaikan beras. “Jangan remehkan naiknya harga beras yang cuma 100 rupiah atau 200 rupiah ya, dalam minggu ini dari awal naik sekitar Rp 1.200, saya ambil beras langsung dari beberapa pabrik langsung sekitar 4 pabrikan,”jelasnya, Kamis (17/11/22).

Tak hanya menjual beras, Bagas juga menjual bahan pokok lainnya seperti sula, minyak goreng, tepung terigu dan Telur, ’’ Untuk minyak goreng pun meroket harganya karena mengikuti dollar,’’imbuhnya.

Baca Juga: Tingkatkan Kepuasan Masyarakat, Satpas SIM Colombo Gaungkan Pelayanan Prima dan Transparansi

Ia merasakan pembeli sangat sepi, di awal bulan pembeli biasanya berdatangan akan tetapi untuk awal bulan kemarin sepi, hanya hari minggu saja kemarin pembeli agak ramai.

“Kadang-kadang liat tanggal atau sewaktu hujan pembeli rame dikarenakan buat stock di rumah,” ujarnya.

Baca Juga: Adventure Land Romokalisari Surabaya Ramai Peminat Wisatawan Luar Kota

Kenaikan ini membuatnya berspekulasi dikarenakan tidak adanya stok beras di pabrik dan menurut beliau dikarenakan tidak boleh impor beras lagi untuk itu membuat banyak pedagang rebutan untuk membeli beras dari pabrik.

“Harapan saya ramai lagi, apa-apa diturunkan lagi, tapi percuma mas kalau diturunkan ekonomi masyarakat masih dibawah standar, kalau gaji ditingkatkan lagi, perputaran yang dari atas harus didongkrak dan yang bawah pasti akan mengikuti, orang-orang suruh kerja semua, gaji yang banyak pasti banyak yang memborong,” pungkasnya.dri

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU