Harga Bitcoin Turun 5 Persen Gara-gara Cuitan Bos Tesla

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 17 Mei 2021 15:12 WIB

Harga Bitcoin Turun 5 Persen Gara-gara Cuitan Bos Tesla

i

Bos pabrikan mobil listrik Tesla, Elon Musk. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Baru baru ini akibat cuitan Elon Musk di Twitter membuat harga Bitcoin kian menurun. Hal tersebut lantaran bos pabrikan mobil listrik Tesla, Elon Musk membuka opsi untuk menjual sisa kepemilikan bitcoin miliknya.

Selain itu, Tesla minggu lalu juga menangguhkan pembelian kendaraan menggunakan Bitcoin karena kekhawatiran atas penggunaan bahan bakar fosil yang meningkat pesat untuk penambangan Bitcoin. Harga Bitcoin turun 5% dalam beberapa menit pertama setelah pengumuman Musk.

Baca Juga: Konferensi AMA 2023 Bawa Misi Perbaiki Profesionalisme Pemimpin Era Digital, Alex Denni: Jangan Ngekor, Keluar Zona Nyaman

Viralnya cuitan tersebut berawal dari percakapan Elon Musk dengan seorang pengguna Twitter @CryptoWhale berkata yang mengatakan bahwa Tesla akan membuang sisa kepemilikan Bitcoin dan itu akan memberikan tamparan bagi para penggemar Bitcoin.

"Bitcoiner akan menampar diri mereka sendiri pada kuartal berikutnya ketika mereka mengetahui Tesla membuang sisa kepemilikan Bitcoin. Dengan banyaknya kebencian yang didapat @elonmusk, saya tidak akan menyalahkannya... " tulis akun itu, dikutip Senin (17/5/2021)

Cuitan itu kemudian dijawab oleh Musk, "Benar." Setelah jawaban dari Musk itu, harga Bitcoin anjlok.

Pernyataan Musk membuat harga bitcoin kian anjlok. Baru-baru ini, mata uang kripto itu merosot 8 persen menjadi sekitar 44.000 dollar AS atau Rp 624 juta (kurs Rp 14.200 per dollar AS).

Baca Juga: Aplikasi untuk Mengedit Video - Rahasia Kreasi Film Anda

Komentar Elon Musk memang selalu mempengaruhi pergerakan uang kripto. Ia juga telah menjadi pendukung besar uang kripto, membantu mengumpulkan harga koin digital, termasuk Bitcoin. Dalam pengajuan SEC pada bulan Februari, Tesla mengungkapkan mereka membeli Bitcoin US$ 1,5 miliar.

Menanggapi hal tersebut, investor ventura mengkritik dan menganggap Musk tengah bercanda, karena mampu menaikkan dan menurunkan harga bitcoin. Salah seorang investor ventura berpengaruh Fred Wilson, mengatakan, Musk sedang bermain game.

"Sulit untuk menganggap serius siapa pun yang melakukannya. Saya telah kehilangan rasa hormat yang sangat besar padanya selama setahun terakhir karena itu. Saya sangat menghormati apa yang dia lakukan dengan bakatnya. Tapi kurang (menghormati) untuk apa yang dia lakukan dengan tweetnya," tutur Wilson.

Baca Juga: Berpola Pikir Simpel dan Konsisten, UMKM Bali Pure Menembus Pasar Global

Perusahaan mengatakan mencatat keuntungan bersih US$ 101 juta dari penjualan Bitcoin selama kuartal tersebut, membantu meningkatkan laba bersih ke rekor tertinggi pada kuartal I-2021. Namun, Musk tampaknya telah berbalik arah dalam beberapa pekan terakhir ini dengan mendukung Dogecoin, uang kripto yang terinspirasi meme. Dsy14

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU