Harga Cabai di Bondowoso Makin Pedas: Pedagang Sumringah, Pembeli Meringis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 29 Okt 2023 11:15 WIB

Harga Cabai di Bondowoso Makin Pedas: Pedagang Sumringah, Pembeli Meringis

i

Ilustrasi pedagang cabai di salah satu pasar Bondowoso. SP/ BDW

SURABAYAPAGI.com, Bondowoso - Komoditas harga cabai kini terus melambung tinggi dalam dua pekan terakhir Oktober 2023 di Bondowoso, Jawa Timur. Para petani cabai pun ikut tersenyum sumringah tapi para pembeli harus meringis karena mahalnya harga cabai.

Salah satunya seperti, Kasrianto seorang petani cabai di Desa/Kecamatan Jambesari Darusollah Bondowoso yang mengatakan, harga terus naik selama dua pekan terakhir. Kenaikan harga kebutuhan dapur berasa pedas ini secara bertahap.

Baca Juga: Mayoritas Bakul Sayur di Surabaya, Siasati Trik Tingginya Harga Cabai

"Dua minggu lalu, harga cabai di petani kisaran Rp 20 ribu hingga Rp 25 ribu per kg. Minggu ini harga di petani kisaran Rp40 ribu hingga Rp50 ribu per kg. Wajar jika harga cabai di pasar saat ini antara Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per kg," kata Kasrianto.

Tak hanya Kasrianto, petani cabai lain di Desa Koncer Kidul Kecamatan Tenggarang, Hosnan juga mengungkapkan, petani sangat senang harga cabai terus naik dalam dua pekan terakhir.

"Sebelumnya harga di petani Rp20 ribu per kg, lalu naik Rp30 ribu per kg, dan sekarang naik antara Rp40 ribu hingga Rp50 ribu per kg. Harapan petani harga bisa naik lagi," ungkap Hosnan, Minggu (29/10/2023).

Baca Juga: Harga 'Pedas' Cabai Masih Membara, Kepala Dinas Pertanian Jatim Ungkap Produksi Turun Jadi Penyebab

Hal bahagia tersebut tak turut dirasakan oleh ibu rumah tangga (IRT) yang harus memutar otak menghadapi naiknya harga cabai di pasar dalam dua pekan terakhir. Para emak mengurangi pembelian cabai untuk kebutuhan dapurnya.

"Seingat saya, minggu lalu harga cabai Rp30 ribu per kg. Sekarang naik Rp50 ribu per kg dan ada Rp60 ribu per kg. Ya, saya akali beli cabai sedikit, agar uang belanja bisa dibagi beli kebutuhan dapur lainnya," kata Aisyah, warga Kelurahan Badean, Bondowoso.

Baca Juga: Harga Cabai Masih Pedas di Awal Tahun 2024, Zulhas: Tidak Perlu Khawatir

Senada diungkapkan Suharti, warga Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bondowoso. Dua pekan terakhir, menurut emak dua anak, ini harga cabai terus naik bertahap, dari Rp20 ribu per kg menjadi Rp30 ribu per kg dan saat ini antara Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per kg.

"Saya tadi di Pasar Induk Bondowoso harga cabai Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per kg. Saya hanya beli sedikit 1 ons, karena harga sembako lainnya juga naik seperti tomat dan bawang putih," ujarnya. bdw-01/dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU