Harga Cabai di Pasuruan Anjlok

Aktivitas jual beli di salah satu pasar tradisional di Pasuruan.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Selama dua minggu terakhir, harga cabai di pasuruan anjlok drastis. Harga cabai yang sebelumnya hampir setara dengan harga daging sapi kini turun hingga Rp 10 ribu.

Khadijah, pedagang di Pasar Kebonagung, Kota Pasuruan mengungkapkan, turunnya harga cabai ini terjadi sejak dua minggu terakhir. Padahal bulan Juli kemarin, harga cabai masih di angka Rp60 ribu.

Bahkan beberapa bulan yang lalu, harga cabai di pasaran sempat melambung hingga mencapai Rp100 ribu per kilogram.

Barulah memasuki bulan Agustus harga cabai turun. Saat ini Khadijah menjual cabai besar dengan harga Rp10 ribu per kilogram. Sementara cabai rawit ia jual dengan harga Rp15 ribu per kilogram.

“Ya tetap habis. Saya biasanya nyetok 60 kilo cabai besar dan cabai rawit, kata Khadijah, Selasa (31/08/2021).

Terpisah, Kabid Perdagangan Disperindag Kota Pasuruan, Sugiyanto mengatakan, memang saat ini sedang musim panen raya. Stok cabai yang dipasok petani ke pasar melimpah.

Disperindag telah melakukan pendataan harga cabai di semua pasar yang ada di Kota Pasuruan.

Menurutnya, rata-rata untuk harga cabai besar merah Rp11 ribu per kilogram, lalu untuk harga cabai rawit rata-rata di harga Rp15 ribu kilogram.

“Harga normalnya kan biasanya Rp23 – Rp25 ribu. Nanti biasanya harga akan naik menjelang hari-hari besar,” kata Sugiyanto.