Harga Kambing di Kota Blitar Melonjak Rp 3,5 Juta Jelang Idul Adha

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 09 Jun 2023 09:39 WIB

Harga Kambing di Kota Blitar Melonjak Rp 3,5 Juta Jelang Idul Adha

i

Suasana para peternak saat menjual kambingnya di Pasar Dimoro Kota Blitar. SP/ BLT

SURABAYAPAGI.com, Blitar - Menjelang hari raya Idul Adha, harga kambing jantan usia dua tahun yang sudah siap untuk kurban di Kota Blitar melonjak dengan harga Rp.3,5 juta per ekor. Padahal pada hari biasa, harganya hanya sekitar Rp 3 juta sampai Rp 3,2 juta per ekor.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ismantoko (33), peternak kambing di Kelurahan Plosokerep, Kecamatan Sananwetan, Kota Blitar yang menyebut peningkatan ini sudah terjadi sejak beberapa pekan terakhir.

Baca Juga: Dua Kafe di Kota Blitar Kedapatan Nekat Jual Puluhan Miras Tanpa Izin di Bulan Ramadhan

"Lihat kondisi kambing juga, kalau kambingnya besar dan gemuk, momen seperti ini harganya bisa lebih dari Rp 3,5 juta,” terangnya.

Menurutnya, rata-rata harga kambing meningkat 300 hingga 500 ribu rupiah per ekor. Sementara untuk harga sapi di Kota Blitar mengalami peningkatan hingga 1 juta rupiah per ekornya. Meningkatnya permintaan dari konsumen membuat harga kambing dan sapi kurban terus merangkak naik.

“Menjelang Hari Raya Idul Adha, harga kambing mulai naik jika dibandingkan hari biasa. Naiknya sekitar Rp 300.000-Rp 500.000,” kata Ismantoko, dikutip Jumat (09/06/2023).

Baca Juga: Warga Binaan Lapas Mojokerto Terima Remisi Khusus Hari Raya Nyepi 2024

Ismantoko pun mengungkapkan dirinya memiliki tiga ekor kambing yang siap dijual untuk hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini. Sementara secara keseluruhan total peternak Kota Blitar itu memiliki 26 ekor kambing.

Mulai meningkatnya permintaan kambing kurban dari konsumen disinyalir menjadi penyebab naiknya harga. Meski penyakit mulut dan kuku masih ada, namun nyatanya harga kambing tetap tinggi di momen Idul Adha ini. 

Baca Juga: Ugal-ugalan di Jalan, 4 Pelajar di Kota Blitar Terlibat Kecelakaan Beruntun Tragis

Kondisi itu pun membuat para peternak dapat tersenyum bahagia setelah pada tahun sebelumnya harga kambing anjlok akibat virus PMK.

Hingga saat ini, para peternak pun terus berusaha menjaga kondisi kesehatan kambing mereka agar tetap sehat dan laku dijual mahal saat Idul Adha mendatang. dsy

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU