Harga Pangan di Madiun Melonjak, Operasi Pangan Digelar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 09 Mar 2023 11:19 WIB

Harga Pangan di Madiun Melonjak, Operasi Pangan Digelar

i

Operasi pangan di Kota Madiun. Foto: tangkapan layar madiuntoday.id.

SURABAYAPAGI, Madiun - Menjelang puasa Ramadan, harga bahan pangan semakin melonjak naik menjelang puasa Ramadhan.

Guna mengendalikan hal tersebut, Pemerintah Provinsi Jatim bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Jawa Timur menggelar Operasi Pangan untuk masyarakat Kota Madiun.

Baca Juga: Tekan Inflasi, Pemkot Madiun Optimalisasikan Keberadaan ‘Wartek’ dan Pasar Murah

Kepala Bidang Ketahanan Pangan DPKP Jatim Pujiati Ningsih mengatakan, pasar pangan murah berkualitas tersebut dilakukan dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP), utamanya menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1444 Hijriah. Setidaknya ada 18 titik pasar pangan murah, tersebar di 18 kabupaten/kota di Jatim, termasuk satu titik di Kota Madiun.

"Jadi ini nanti keliling di 18 titik sampai menjelang Hari Raya Idul Fitri. Ini programnya Bu Gubernur Khofifah Indar Parawansa untuk membantu masyarakat agar mendapatkan bahan pangan murah dengan kualitas bagus," kata Pujiati Ningsih di Madiun.

Operasi pasar yang diadakan di halaman kantor kecamatan Taman, Kota Madiun pada Rabu (8/3/2023) kemarin terlihat menyita perhatian masyarakat. Hal tersebut terbukti dari banyaknya masyarakat Kota Madiun yang antri untuk mendapatkan bahan-bahan pangan yang murah dan bagus.

Baca Juga: Pemkab Madiun Serahkan Bantuan RTLH 550 Unit

Saat operasi pasar kemarin, warga Kota Madiun bebas untuk membeli bahan pangan yang dibutuhkan karena Pemprov Jatim menyediakan cukup banyak stok. Mulai dari 300kg bawang merah, 50kg cabai, 200kg bawang putih, 5 ton beras, dan sebagainya.

DPKP Jatim bekerja sama dengan sejumlah BUMN dan pihak terkait, seperti Bulog, RNI, Prima, dan DKPP Kota Madiun untuk pengadaan bahan pangan dalam program pasar pangan murah berkualitas tersebut.

Baca Juga: Gelar Bazar Ramadhan Berkah di Tiga Kecamatan

Adapun sejumlah komoditas yang disediakan dalam pasar pangan murah tersebut. Yakni beras premium dengan harga Rp63.000 kemasan 5 kilogram, beras medium seharga Rp42.500 kemasan 5 kilogram.

Selain itu, minyak goreng dengan harga Rp15.000 per liter, telur ayam ras Rp24.000 per kilogram, gula pasir Rp13.500 per kilogram, kemudian cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan daging ayam ras. mdn

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU