Hari Bumi, Guru SMP YPPI 1 Surabaya Ciptakan Lagu Bumi Tercinta

Guru Musik SMP YPPI 1 Surabaya, Anik Prabowo. SP/ Sem

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Saban 22 April, seluruh negara di dunia merayakan hari bumi. Seremonial peringatan pun dilakukan dengan berbagai cara, mulai kampanye menjaga lingkungan hingga gerakan mematikan lampu.

Di SMP Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Indonesia (YPPI) 1 Surabaya, perayaan hari bumi tahun ini dilakukan dengan cara yang sedikit berbeda. Alih-alih memilih kampanye langsung, sekolah ini justru menyadarkan masyarakat melalui lagu. 

Lagu tersebut berjudul "Bumi Tercinta". Lagu ini adalah karangan guru SMP YPPI 1 Surabaya, Anik Prabowo. 

Kepada Surabaya Pagi Anik menjelaskan, lagu ini terbagi dalam 3 struktur yakni verse atau pengantar lagi, bridge dan reffrain. Setiap lirik pada struktur lagu ini memiliki maknanya masing-masing.

Di awal lagu (verse) misalnya, Anik mencoba menggambarkan kepada masyarakat bahwa bumi ini memiliki sejuta keindahan dan kekayaan alam yang sangat banyak. 

"Di awal lagu ada lirik keindahan alam yang tak terkira, bertautan dalam warna. Itu menggambarkan bahwa alam kita ini indah, di lautan ada terumbu karang, di daratan ada pemndangan alam dengan gunung-gunung yang menjulang tinggi," kata Anik Prabowo, Kamis (22/04/2021).

Masuk ke bridge lagu, perubahan makna terjadi. Anik berupaya mengambarkan bagaimana bumi yang indah itu hancur akibat ulah manusia.

"Bridge tadi, ada lirik daun pepohonan menyanyikan ode untuk kita. Tapi kita manusia tidak melakukan apa-apa. Kita lupa bahwa tanpa alam ini kita bukan siapa-siapa. Jadi ini semacam peringatan atau teguran," katanya

Masuk ke reffrain lagu, ia mencoba mendamaikan manusia dan alam dengan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu menjaga dan merawat lingkungan dimana mereka tinggal.

"Tema lagu ini tentang lingkungan, dibuat lirik yang berhubungan dengan alam, isinya tentang mengajak masyarakat untuk menjaga bumi tercinta. Inti lagunya di situ. Makanya di reff ada lirik, rengkuhlah bumi tercinta, jaga kesuciannya, kita mesti bersama, satukan tekad kita" ucapnya.

Lagu Bumi Tercinta karangan Anik ini dibuat dalam waktu yang cukup singkat. Untuk lirik dan musik, ia menggarapnya selama dua hari. Sementara proses keseluruhan mulai dari rekaman hingga editing video memakan waktu kurang lebih 1 minggu.

"Untuk proses lagu dan lirik itu dua hari. Untuk rekaman juga terbatas 1 hari, rekaman di Semarang. Rekaman hari Minggu, jam 9 pagi sampai jam 11 Malam," ucap alumnus Universitas Negeri Semarang itu.

Lagu ciptaan Anik Prabowo ini, dinyanyikan oleh dua sekolah dengan latar belakang budaya yang berbeda yakni SMP YPPI 1 dan MTs Muhammadiyah 19 Surabaya dalam gelaran peringatan hari bumi.

Berikut lirik lagu Bumi Tercinta ciptaan Anik Prabowo:

Laut tak henti memanggil

Ombak tak henti menari

Dalam keindahan tak terkira

Bertautan jutaan warna

 

Gunung tinggi menjulang

Alam asri terbentang

Dalam sukmaku senandung terngiang:

Suara alam

 

Bridge :

Daun pepohonan bergesekan

Menyanyikan ode untuk kita

Tapi kita manusia telah lupa

Tanpa agungnya, kita bukan apa-apa

 

Reff :

Rengkuhlah bumi tercinta

Jaga kesuciannya

Kita mesti bersama

Satukan tekad kita. Sem