Hari Bumi, SMP YPPI 1 Gelar Konser Virtual dan Tanam Pohon Gedi

Penanaman pohon gedi yang dilakukan oleh siswi dari MTs Muhammadiyah 19 dan SMP YPPI 1 Surabaya. SP/SAMMY MANTOLAS

SURABAYAPAGI, Surabaya - Peringatan hari bumi (earth day) yang jatuh pada 22 April, dirayakan oleh SMP Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Indonesia (YPPI) 1 Surabaya dengan cara yang sedikit berbeda. 

Kepala sekolah SMP YPPI 1, Dra. Titris Hariyanti Utami, M.Si menjelaskan, perayaan hari bumi kali ini diisi dengan konser virtual dan penanaman pohon gedi sebagai simbol SMP YPPI 1.

Adapun konser virtual dilakukan dengan menggandeng siswa dan guru dari MTs Muhammadiyah 19 Surabaya. Lagu yang dinyanyikan pun merupakan karya original dari guru musik SMP YPPI 1, Anik Prabowo dengan judul "Bumi Tercinta".

"Kami bekerjasama dengan MTs Muhammadiyah dengan tujuan untuk mengajarkan kepada anak-anak YPPI untuk menjunjung tinggi nilai toleransi sebagai bentuk kebhinekaan global," kata Titris Hariyanti, Kamis (22/04/2021).

Kurang lebih sekitar 24 orang yang menyanyikan lagu tersebut. Dari 24 orang ini, 16 orang berasal dari SMP YPPI 1 dan 8 orang lainnya berasal dari MTs Muhammadiyah 19 Surabaya.

"Yang menyanyikan semua ini adalah guru dan murid dari kedua sekolah," katanya.

IMG20210422093128

Konser virtual dalam merayakan hari bumi. SP/SAMMY MANTOLAS

Sementara untuk penanaman pohon gedi dilakukan oleh perwakilan siswa dan guru baik dari YPPI maupun Mts Muhammadiyah 19. Siswa-siswi lainnya yang sekolah dari rumah pun ikut menanam pohon di rumahnya masing-masing.

"Jadi semua siswa wajib menanam pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Kami akan terus memantau, bagi siswa yang berhasil merawat pohon yang ditanam akan mendapatkan poin tambahan untuk mata pelajaran dengan topik ecological awareness," ucapnya.

Selain menanam pohon dan konser virtual, perayaan hari bumi juga diisi dengan gerakan mematikan lampu dan barang-barang elektronik lainnya selama 1 jam. Tujuannya agar menanamkan komitmen kepada siswa untuk bergaya hidup hemat energi.

Tak hanya, beberapa karya siswa yang bertemakan alam dan lingkungan juga dipamerkan di halaman gedung SMP YPPI 1 Surabaya.

"Jadi ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada siswa-siswa yang telah membuat karya terbaik mereka dalam pelajaran art and craft," ucapnya.sem