Hari Ini, Bawaslu Tuban Umumkan Hasil Seleksi Anggota Panwascam

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 26 Okt 2022 09:57 WIB

Hari Ini, Bawaslu Tuban Umumkan Hasil Seleksi Anggota Panwascam

SURABAYA PAGI, Tuban- Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kabupaten Tuban hari ini mengumumkan peserta yang lolos dalam seleksi anggota Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu serentak tahun 2024 mendatang.

Dalam lembar pengumuman dengan nomor 046/KP.01.00/JL-28/10/2022 yang dapat diunduh di website resmi Bawaslu Kabupaten Tuban itu, terdapat 60 nama yang dinyatakan sah bakal menempati posisi Panwacam di 20 Kecamatan se Kabupate Tuban, usai sebelumnya telah mengikuti beberapa tahapan seleksi, diantaranya seleksi administrasi, Computer assist test (CAT) dan wawancara.

Baca Juga: Bawaslu Pasrah

Kepada Surabaya Pagi, Kordinator Divisi SDM Organisasi dan Diklat Bawaslu Kabupaten Tuban, Marfu'ah menjelaskan, nama- nama yang dinyatakan lolos tersebut, merupakan peserta seleksi anggota Panwascam yang mendapatkan nilai tertinggi satu sampai dengan tiga ditiap kecamatan.

Dari semua yang lolos sebagai anggota Panwascam itu, tambah Marfuah, rata- rata sebelumnya pernah menjadi Panwascam atau pernah terlibat dalam aktifitas kepemiluan, baik itu sebagai PPL, PPS, KPPS maupun posisi lainnya. Disamping itu juga terdapat 16 peserta yang mengisi 30 persen kuota perempuan.

Baca Juga: KPU Jatim Gelar Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024

"Yang lolos seleksi, kebanyakan sebelumnya pernah menjadi penyelenggara pemilu, ditambah 30 persen kuota perempuan," terang Marfuah, Rabu (26/10/2022).

Usai diumumkan, lanjut Marfuah, peserta seleksi anggotanPanwascam yang sudah dinyatakan lolos, sesuai jadwal akan dilantik besok. Hal itu, agar Panwascam segera dapat menjalankan fungsinya di kecamatan masing- masing dalam menyongsong rangkaian gelaran pemilu serentak 2024 mendatang.

Baca Juga: Pilkada 2024, Rukretmen Badan Adhoc Tunggu Petunjuk Teknis

Meski pelaksanaanya masih terhitung dua tahun lagi, sesuai regulasi, ada beberapa tahapan pengawasan yang harus dipersiapkan dan dilakukan. Termasuk pembentukan struktur Panwascam mulai dari ketua hingga divisi setelah anggota Panwascam dilantik.

"Sesuai jadwal pelantikan langsung dilaksanakan besok. Agar anggota panwascam segera dapat melakukan fungsinya," pungkasnya. Her

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU