Hari Lansia Nasional, Khofifah Ajak Peduli Lansia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 29 Mei 2020 15:46 WIB

Hari Lansia Nasional, Khofifah Ajak Peduli Lansia

i

Gubernur Khofifah saat peduli kepada lansia .SP/ADT

SURABAYA PAGI, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat tidak melupakan warga lanjut usia. Menurutnya, perhatian khusus terhadap  kesehatan fisik dan mental kelompok lansia diperlukan karena mereka termasuk kelompok yang rentan terhadap penularan Covid-19.

“Di Hari Peringatan Lanjut Usia Nasional (HLUN) 29 Mei ini, saya mengajak seluruh masyarakat untuk turut menjaga dan melindungi para lansia dari risiko terpapar virus. Yang muda harus turut membantu mengedukasi mereka bagaimana menghadapi Covid-19,”ungkap Khofifah di Gedung Grahadi pada hari Jumat (29/5/2020).

Baca Juga: Hanya 130 Juta, UPT Keramik di Malang Perlu Dukungan Pemprov Jatim

Khofifah mengatakan warga lansia harus lebih waspada, terlebih mereka yang memiliki penyakit penyerta (komorbid) seperti penyakit autoimun, diabetes, tekanan darah tinggi, kanker, dan jantung. Apabila tertular Covid-19, lansia akan mendapatkan komplikasi kesehatan yang cukup serius.

Baca Juga: Pj Gubernur Adhy Pastikan Kebutuhan Dasar Terpenuhi dan Masyarakat Terlindungi

Selain asupan gizi yang sehat dan berimbang, Lansia lanjut Khofifah juga perlu menghindari stres karena dapat menurunkan imunitas tubuh, memacu adrenalin, meningkatkan tekanan darah dan gula darah. Serta melakukan istirahat atau tidur yang cukup setiap harinya.

“Nah yang muda, jangan sampai justru menjadi carier buat mereka para lansia. Poinnya adalah saling menjaga. Tidak lupa, beri mereka dukungan untuk melewati masa sulit pandemi ini. Temani dan ajak ngobrol mereka agar tidak merasa kesepian,” tambahnya.

Baca Juga: Pemprov Jatim Siap Bantu Rekonstruksi Bangunan Terdampak Gempa

Dalam kesempatan ini Khofifah juga berpesan kepada generasi muda untuk menghormati orang tua. Begitu pula dengan orang tua untuk menyayangi yang muda. Menurut Khofifah, jika hal ini terlaksana dengan baik maka kehidupan menjadi harmonis saling menghormati dan menghargai. Adt

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU