Hari Migran Internasional, Menaker: Momentum PMI Bangkit dari Pandemi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 19 Des 2022 14:09 WIB

Hari Migran Internasional, Menaker: Momentum PMI Bangkit dari Pandemi

i

Menaker Ida Fauziyah. Foto: Kemenaker.

SURABAYAPAGI.COM, Lombok Timur - Hari Migran Internasional diperingati oleh Indonesia dan Negara-negara dunia lainnya setiap tanggal 18 Desember. Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan, momentum tersebut dapat dimanfatkan Pekerja Migran Indonesia (PMI) untuk bangkit dari pandemi COVID-19.

"Saya mengajak kepada semua stakeholder untuk bersama-sama terus menumbuhkan semangat kerja, setelah hampir tiga tahun dalam keterpurukan COVID-19. Dengan semangat bangkit dan semangat bekerja, saya yakin akan berdampak pada kejayaan Indonesia," kata Ida dalam Peringatan Hari Migran Internasional 2022 di Kabupaten Lombok Timur, NTB, Minggu (18/12/2022).

Baca Juga: Menaker: Pengangguran Terbanyak di Kota Tapi Kemiskinan Terbanyak di Desa

Ida menuturkan pandemi Covid-19 yang terjadi selama hampir tiga tahun telah memengaruhi kondisi pasar kerja global. Termasuk bagi para PMI dalam berbagai aspek kehidupan.

Namun, melalui penanganan pandemi yang semakin membaik, seluruh stakeholder yang terlibat dalam proses penempatan diharapkan bangkit dan meningkatkan kualitas perannya. Supaya masa depan PMI semakin baik dan semakin terlindungi.

Menurut Ida, adanya perbaikan pada kondisi pasar kerja global dapat dilihat dari semakin banyaknya negara yang membuka penempatan PMI. Saat ini, telah ada 77 negara yang membuka kembali penempatan PMI.

“Pembukaan ini terus mengalami perubahan sesuai dengan aturan protokol kesehatan di negara masing-masing,” ujarnya.

Baca Juga: Kemnaker Amankan PMI di Arab Saudi yang Viral Minta Dipulangkan

Lebih lanjut, Ida menambahkan, jika perluasan pasar kerja ke luar negeri yang berdampak pada devisa negara merupakan keberhasilan bersama antara pemerintah dan para stakeholder baik kementerian/ lembaga terkait maupun swasta.

Ida menyebut, beberapa pihak itu antara lain BP2MI, pemerintah daerah sampai pemerintah desa, serta Perusahaan Penempatan Pekerja Migran Indonesia (P3MI) yang telah berpartisipasi dan berperan aktif dalam proses penempatan dan pelindungan PMI.

"Kerja sama yang baik ini harus terus kita jaga, saling mendukung dan saling bergandengan tangan dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pahlawan devisa kita," tuturnya.

Baca Juga: Otsuka Dukung Eliminasi TBC 2030 Melalui Program "Free TBC at Workplace"

Selain itu, Ida juga menyampaikan ucapan selamat Hari Migran Internasional kepada seluruh PMI di negara-negara penempatan, PMI purnapenempatan, calon PMI, dan semua keluarga PMI, baik yang dihadiri secara luring maupun daring.

 "Untuk para PMI yang di luar negeri saat ini jaga kesehatan, semangat bangkit, spirit bekerja harus selalu ditanamkan dalam jiwa. Yang paling penting jaga nama baik Bangsa Indonesia," ucapnya. lom

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU