Hari TBC Sedunia, Yayasan Wings Peduli Berbagi di Puskesmas Tenggilis Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 23 Mar 2022 20:59 WIB

Hari TBC Sedunia, Yayasan Wings Peduli Berbagi di Puskesmas Tenggilis Surabaya

SurabayaPagi, Surabaya - Yayasan Wings Peduli bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota Surabaya memberikan donasi berupa 500 paket kebersihan bagi para penderita TBC di Kota Surabaya.

Paket kebersihan yang diberikan terdiri dari sabun mandi, sabun cuci krim serbaguna, deterjen, pasta dan sikat gigi serta cairan karbol untuk membersihkan kamar mandi.

Perwakilan dari Yayasan Wings Peduli, Oucky Hertanto mengatakan, jika bantuan alat kebersihan mutlak diperlukan bagi penderita TBC. Karena bagian terpenting untuk memutus TBC adalah kebersihan diri sendiri.

“Wings sebagai perusahaan penghasil kebutuhan kebersihan untuk masyarakat berkomitmen dengan apa yang diberikan ini dapat sedikit banyak membantu perihal higienitas terutama di lingkungan tempat tinggal," ujar Oucky Hertanto, Rabu (23/3/2022).

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kota Surabaya Nanik Sukristina mengungkapkan rasa terima kasih atas kepedulian Yayasan Wings Peduli. "Wings Peduli telah banyak memberikan sumbangsih pada bidang kesehatan," kata Nanik.

Adanya partisipasi ini, lanjut Nanik, menandakan kepedulian dunia usaha terhadap kesehatan masyarakat. Dia juga berpesan kepada para penyintas TBC agar tetap semangat dan rutin mengkonsumsi obat.

Berdasarkan data Dinkes Surabaya, terdapat jumlah pasien TBC baru pada tahun 2022 ada sekitar 850 orang. Sedangkan tahun-tahun sebelumnya mencapai ribuan.

"Misal tahun 2018-2019 bisa sampai 8.000. Kemudian du tahun terakhir 4.000 an. Di awal tahun ini sampai dengan Maret sekitar 800," ucapnya seraya berharap tren penyakit ini semakin menurun.

Setelah acara serah terima, Oucky Hertanto dan Nanik membagikan paket bantuan kepada beberapa pasien TBC yang dalam pengobatan dan pemantauan Dinas Kesehatan Kota Surabaya.

Hari TBC (Tuberkolosis) dunia sendiri diperingati setiap 24 Maret 2022. TBC merupakan penyakit paru-paru yang disebabkan oleh bakteri. Melansir CDC (Centers For Disease Control and Prevention), bakteri yang menyerang paru-paru ini juga dapat menyerang organ tubuh lainnya, seperti ginjal, tulang belakang hingga otak.

Berbagai kampanye untuk menghentikan penularan TBC telah dilakukan oleh pemerintah. Terutama untuk tahun ini, pemerintah mengusung gerakan “TOSS TBC” yang merupakan singkatan dari “Temukan Tuberkolosis, Obati Sampai Sembuh”.

Ada 3 langkah yang menjadi pedoman yaitu Temukan Gejala TBC di Masyarakat, Obati TBC dengan Tepat dan Pantau TBC Sampai Sembuh. Guna mendukung gerakan tersebut, Yayasan Wings Peduli berikhtiar untuk turut serta hadir dalam penanggulangan TBC. By

Editor : Redaksi

Tag :

BERITA TERBARU