Hari Terakhir Pendaftaran, Calon Ketua DPC Demokrat Kota Kediri Sepi Peminat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 20 Mei 2022 12:07 WIB

Hari Terakhir Pendaftaran, Calon Ketua DPC Demokrat Kota Kediri Sepi Peminat

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Jelang Musyawarah Cabang (Muscab) yang akan digelar serentak di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, pendaftar calon Ketua DPC Demokrat Kota Kediri masih sepi peminat. Hal itu terlihat tidak adanya kandidat pendaftar di hari terakhir sejak dibukanya pendaftaran tanggal 18 Mei dan ditutup 20 Mei. 

Penanggungjawab panitia pendaftaran, Yudi Ayubchan mengatakan, sejak dibukanya pendaftaran masih belum ada kandidat calon yang mendaftarkan diri ke Kantor DPC Demokrat Kota Kediri. 

Baca Juga: Demokrat Optimistis Khofifah Kembali Gandeng Emil Dardak

"Sampai detik ini belum ada yang mendaftar. Jadi sementara ini masih kosong," ujarnya, Jumat (20/5/2022). 

Ayub menjalaskan, ada dua mekanisme pendaftaran kandidat calon Ketua DPC. Pertama, calon bisa mendaftarkan diri melalui DPC setempat dan kedua bisa langsung mendaftarkan diri di DPD Jawa Timur. 

"Untuk pendaftarannya bisa di DPC atau DPD. Untuk DPC ditutup sampai pukul 15.00 WIB hari ini. Sedangkan di DPD ditutup sampai pukul 24.00 WIB," jelasnya. 

Kendati demikian, jika tidak ada calon yang mendaftarkan diri meski jadwal pendaftaran sudah ditutup, maka DPC akan menyurati DPP untuk meminta perpanjangan waktu. 

Baca Juga: Demokrat tak Ngereken Jatah Menteri

"Jika tidak ada yang mendaftar, secara otomatis nanti akan diberikan waktu perpanjangan. Hal itu untuk mendorong calon yang sudah siap untuk segera melakukan pendaftaran," imbuhnya. 

Sementara itu syarat untuk mendaftar menjadi kandidat calon ketua harus wajib mengantongi dukungan minimal 20 persen pemilik suara dah di DPC. 

Pelaksanaan Muscab serentak tahap pertama diketahui akan dilaksanakan di Surabaya, Jumat 27 Mei 2022 besok. Nanti, para kandidat akan terlebih dahulu ditetapkan menjadi calon ketua. Selanjutnya, akan digelar fit and propertest yang dilakukan BPOKK DPD dan DPP secara online. 

Baca Juga: Demokrat Juluki PDIP Partai Sombong

Selanjutnya, para kandidat tersebut akan menjadi bahan pertimbangan oleh Tim 5. Tim tersebut yakni 3 dari DPP dan 2 dari DPD. Setelah itu DPP yang akan mengeluarkan SK Ketua DPC terpilih secara resmi. 

Adapun kabupaten/ kota yang akan menggelar Muscab serentak tahap satu yaitu Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, Jember, Lumajang, Bojonegoro, Kota Kediri, Kabupaten Blitar, Malang, Tulungagung, Pamekasan, Sumenep, Bondowoso, Tuban, Kota Pasuruan, Kabupaten Kediri, Kota Batu, dan kota Blitar. Can

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU