Hari Terakhir Pendaftaran, Instagram, Facebook, dan WhatsApp Telah Terdaftar sebagai PSE Asing

WhatsApp, Telegram, dan Instagram Telah Terdaftar sebagai PSE Asing

SURABAYAPAGI.COM, Jakarta - Tiga platform milik Meta seperti WhatsApp, Facebook dan Instagram akhirnya didaftarkan Penyelenggara Sistem Elektronik atau PSE lingkup privat sehingga lolos dari ancaman blokir Kominfo.

Meta mendaftarkan WhatsApp, Instagram dan Facebook hanya sehari menjelang deadline pendaftaran PSE Lingkup Privat, yang jatuh pada 20 Juli 2022. Setelah lewat tenggat waktu itu, pemerintah akan mulai memberikan peringatan serta sanksi kepada platform yang tak mendaftar.

Facebook dan Instagram didaftarkan oleh perusahaan bernama Facebook Singapore PTE LTD yang terdaftar dalam dua versi, yakni versi website (instagram.com dan facebook.com) serta versi aplikasi (link via App Store Apple). Facebook dan Instagram berada di urutan teratas PSE asing yang telah terdaftar di Kominfo

Sementara WhatsApp didaftarkan sebagai PSE Lingkup Privat juga oleh Facebook Singapore PTE LTD. Dua versi yang didaftarkan adalah Whatsapp.com dan WhatsApp Messenger.

Adapun pendaftaran PSE lingkup privat digelar berdasarkan PP Nomor 71 Tahun 2019, serta Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 10 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 (Permenkominfo 5/2020) tentang Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat.

.
Hingga Rabu (20/07/22) hari ini, beberapa nama PSE besar terlihat sudah mendaftar. Mulai dari Netflix, Microsoft Cloud Service, Shopee, Discord, Jenius, KAI Access, MyPertamina, Blibli. Sedangkan yang sudah terdaftar sebelumnya, ada Telegram, Gojek, Gopay, Ovo, Traveloka, Bukalapak, Tiktok, Spotify, Mobile Legends, Linktree, Mi Chat, Resso, hingga Ragnarok X: Next Generation. jkt