Harlah Pancasila, Pejabat Pemkot Pakai Pakaian Adat Nusantara

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 01 Jun 2021 17:47 WIB

Harlah Pancasila, Pejabat Pemkot Pakai Pakaian Adat Nusantara

i

Jajaran Kepala OPD kompak mengenakan pakaian adat Nusantara saat mengikuti upacara secara virtual di Ruang Nusantara Kantor Walikota Mojokerto pada Selasa (6/1/21). SP/Dwy Agus S

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Ada nuansa berbeda dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Pemerintah Kota Mojokerto. Saat mengikuti upacara secara virtual di Ruang Nusantara Kantor Walikota Mojokerto pada Selasa (6/1/21), 

Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari dan Wakil Walikota Achmad Rizal Zakaria bersama jajaran Kepala OPD kompak mengenakan pakaian adat Nusantara. 

Baca Juga: Respon Cepat Aduan Masyarakat, PJ Ali Kuncoro Sidak TPS Benpas dan TPA Randegan

Disampaikan oleh Ning Ita bahwa peringatan hari lahir Pancasila terkandung semangat Bhinneka Tunggal Ika. "Semangat kebhinekaan yang  diusung dan diimplementasikan dalam wujud pakaian adat sehingga juga mengenal saudara-saudara  yang lain," ujarnya.

Perempuan yang kerap disapa Ning Ita ini menjelaskan bahwa di Kota Mojokerto mayoritas adalah suku Jawa, namun faktanya di Kota Mojokerto juga banyak suku lainnya yang tinggal disini. Dan mereka semua adalah saudara-saudara yang menjadi kekuatan atas besarnya bangsa ini dan bisa terus digandeng untuk bersama-sama membangun Kota Mojokerto. 

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa berbicara tentang Pancasila tentu tidak lepas dari sosok Soekarno. Dan di Kota Mojokerto inilah Soekarno kecil sempat mengenyam Pendidikan di Europeesch Lagere School (ELS). 

"Di ELS Kusno kecil menjadi kelompok minoritas,  namun tidak menjadi minder dan tetap menegakkan kepalanya sehingga dia mampu mendapatkan ijazah dan lulus dari ELS," tegasnya.

Baca Juga: Realisasi Pajak Kota Mojokerto Naik Signifikan Capai Rp 71,4 Miliar

Semangat dari Kusno kecil inilah, lanjut Ning Ita, yang perlu diteladani oleh anak-anak Kota Mojokerto ke depan. "Jadikan ini sebagai motivasi, Soekarno tidak hanya bapak bangsa, tidak hanya pendiri dari republik ini. Tapi, Kusno kecil adalah motivator bagi anak-anak kota Mojokerto yang sekarang sedang berjuang untuk mewujudkan cita-cita," pesannya.

Dalam kesempatan ini Ning Ita juga menyerahkan penghargaan kepada putra-putri Kota Mojokerto yang menjadi pemenang lomba dalam Anugerah Literasi Budaya Soekarno 2021 yang diselenggarakan oleh SD Purwotengah I dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila dan Bulan Soekarno 2021. Dwy

Baca Juga: Pimpin Apel Pagi Pasca Libur Lebaran, Pj Ali Kuncoro Ingatkan PR Sudah Menanti

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU