Harlah Pancasila, Pejabat Pemkot Pakai Pakaian Adat Nusantara

Jajaran Kepala OPD kompak mengenakan pakaian adat Nusantara saat mengikuti upacara secara virtual di Ruang Nusantara Kantor Walikota Mojokerto pada Selasa (6/1/21). SP/Dwy Agus S

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Ada nuansa berbeda dalam upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Pemerintah Kota Mojokerto. Saat mengikuti upacara secara virtual di Ruang Nusantara Kantor Walikota Mojokerto pada Selasa (6/1/21), 

Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari dan Wakil Walikota Achmad Rizal Zakaria bersama jajaran Kepala OPD kompak mengenakan pakaian adat Nusantara. 

Disampaikan oleh Ning Ita bahwa peringatan hari lahir Pancasila terkandung semangat Bhinneka Tunggal Ika. "Semangat kebhinekaan yang  diusung dan diimplementasikan dalam wujud pakaian adat sehingga juga mengenal saudara-saudara  yang lain," ujarnya.

Perempuan yang kerap disapa Ning Ita ini menjelaskan bahwa di Kota Mojokerto mayoritas adalah suku Jawa, namun faktanya di Kota Mojokerto juga banyak suku lainnya yang tinggal disini. Dan mereka semua adalah saudara-saudara yang menjadi kekuatan atas besarnya bangsa ini dan bisa terus digandeng untuk bersama-sama membangun Kota Mojokerto. 

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa berbicara tentang Pancasila tentu tidak lepas dari sosok Soekarno. Dan di Kota Mojokerto inilah Soekarno kecil sempat mengenyam Pendidikan di Europeesch Lagere School (ELS). 

"Di ELS Kusno kecil menjadi kelompok minoritas,  namun tidak menjadi minder dan tetap menegakkan kepalanya sehingga dia mampu mendapatkan ijazah dan lulus dari ELS," tegasnya.

Semangat dari Kusno kecil inilah, lanjut Ning Ita, yang perlu diteladani oleh anak-anak Kota Mojokerto ke depan. "Jadikan ini sebagai motivasi, Soekarno tidak hanya bapak bangsa, tidak hanya pendiri dari republik ini. Tapi, Kusno kecil adalah motivator bagi anak-anak kota Mojokerto yang sekarang sedang berjuang untuk mewujudkan cita-cita," pesannya.

Dalam kesempatan ini Ning Ita juga menyerahkan penghargaan kepada putra-putri Kota Mojokerto yang menjadi pemenang lomba dalam Anugerah Literasi Budaya Soekarno 2021 yang diselenggarakan oleh SD Purwotengah I dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila dan Bulan Soekarno 2021. Dwy