Hasil Tangkapan Ikan Nelayan Kota Pasuruan Melimpah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 19 Des 2022 15:37 WIB

Hasil Tangkapan Ikan Nelayan Kota Pasuruan Melimpah

i

Perahu nelayan yang parkir di Pelabuhan Pasuruan.

Baca Juga: Angin Kencang Rusak 3 Rumah Warga di Pasuruan

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan – Beberapa kali diterpa cuaca buruk ternyata tak mempengaruhi capaian produksi perikanan di Kota Pasuruan. Sejauh ini, hasil tangkapan nelayan cukup melimpah. Dinas Perikanan optimistis target yang ditetapkan tahun ini akan terlampaui.
 
Hal itu terlihat dari rata-rata produksi ikan tangkap sepanjang tahun ini. Setiap bulannya, nelayan mampu menghasilkan tangkapan ikan tidak kurang dari 700 ton. Bahkan di pertengahan tahun ini, hasil produksi hampir menyentuh 1.000 ton per bulan.
 
Kepala Dinas Perikanan Kota Pasuruan Mualif Arif mengatakan, hasil tangkapan nelayan memang cukup bergantung pada faktor cuaca. Di samping itu, dinasnya juga berupaya mengajak nelayan untuk ikut menjaga kelestarian laut. Misalnya dengan tidak menggunakan alat-alat tangkap yang cenderung merusak ekosistem.
 
“Kalau ekosistemnya terjaga maka hasil tangkapannya juga akan lebih bagus,” kata dia.
 
Ia meyakini perhitungan target produksi ikan tangkap tahun ini tak keliru. Dinasnya memang memasang target lebih banyak tahun ini. Pada 2021 lalu, target produksi ikan tangkap ditetapkan sebanyak 8.077 ton.
 
“Dengan peningkatan hasil produksi dari target maka kami berani memasang target lebih tinggi pada tahun ini,” katanya.
 
Ayik –sapaan Mualif Arif menjelaskan tahun ini hasil produksi ikan tangkap ditarget mencapai 8.256 ton. Meski belum tutup tahun, dia mengatakan hasil tangkapan sekitar 2 ribu nelayan kota akan lebih melimpah. Pasalnya, dalam perhitungan mulai Januari hingga November lalu, sudah mendekati angka yang ditargetkan.
 
“Sampai November kemarin sudah menyentuh 8.100 ton,” bebernya. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU