HDI, Dinsos Kota Pasuruan Gelar Kegiatan Bareng Siswa SLB

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 12 Des 2022 15:04 WIB

HDI, Dinsos Kota Pasuruan Gelar Kegiatan Bareng Siswa SLB

i

Lomba para difabel se-Kota Pasuruan.

Baca Juga: Jalur Mudik Kota Pasuruan Landai

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan – Memperingati Hari Difabel Internasional (HDI) 2022, Dinsos Kota Pasuruan gelar perlombaan bagi para difabel se-Kota Pasuruan. Lomba ini diikuti ratusan difabel yang ingin menunjukkan kreatifitasnyan.
 
Di antaranya para siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) yang mengikuti lomba mewarnai. Ada juga lomba talent show mulai dari bernyanyi hingga bermusik, yang diikuti oleh komunitas Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Kota Pasuruan.
 
Bahkan ada juga yang menampilkan kreatifitasnya dengan unjuk tarian tradisional, pantomim, dan juga cosplay. Namun ada yang berbeda dengan cosplay yang dipamerkan, pakaian cosplay terbuat dari barang daur ulang.
 
“Kegiatan ini berbeda dari rahun-tahun sebelumnya yang dilajukan di ruang terbuka dan berlangsung selama dua hari. Temanya berbaur, berbagi, dan membangun bersama,” kata Kepala Dinsos Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat.
 
Kokoh menambahkan bahwa diharapkan dengan kegiatan ini para kaum difabel tidak malu atau minder. Tak hanya itu para difabel diharuskan untuk berbaur bersama masyarakat tanpa ada diskriminasi dan bisa saling berbagi kepada sesamanya.
 
Pada kegiatan ini para difabel juga menjual produk UMKM yang tergabung dalam komunitas Oemah Craft Kota Pasuruan. Produk yang dipamerkan dan dijual diantaranya yakni kerajinan lampu hias, tas, baju, hingga olahan camilan kripik.
 
“Pemerintah juga akan membantu promosi produk UMKM karya kaum difabilitas. Sehingga bisa dipamerkan di Mall Pelayanan Publik Kota Pasuruan,” tutupnya. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU