Hentikan Penyebaran Covid -19, Wakil Ketua DPRD Surabaya Dukung Penuh Penyekatan Suramadu

Wakil Ketua DPRD Laila Mufidah saat meninjau Penyekatan di Suramadu, Kamis (17/6/2021) malam.  SP/Alqomar

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Sebagai bentuk support dan dukungan kepada pemerintah kota Surabaya dalam upaya menekan penyebaran Covid-19, Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya, langsung terjun ke lokasi penyekatan tol Suramadu di sisi Surabaya.

Penyekatan di Suramadu merupakan salah satu cara paling tepat untuk menghentikan penyebaran covid-19. Langkah itu diambil demi tujuan yang lebih besar, melindungi semua warga dari terpapar penyebaran covid. Semua untuk terwujudnya kenyamanan bersama.

Namun langkah maksimal ini perlu mendapatkan dukungan dari semua pihak. Masyarakat harus sadar bahwa pandemi covid tidak boleh dibiarkan liar dan makin menyebar. Penyekatan harus dilakukan.

"Perlu terus ditumbuhkan kesadaran bersama. Pemerintah telah melakukan ikhtiar maksimal agar pandemi terkendali. Petugas sudah bekerja. Mari kita dukung agar tidak terjadi lonjakan kasus covid," kata Wakil Ketua DPRD Surabaya Laila Mufidah, Jumat (18/6).

Sempat terjadi insiden yang tidak diinginkan di lokasi Penyekatan Suramadu. Ada masyarakat yang kesadarannya kurang sehingga meluapkan emosional sesaat, merusak.

Laila Mufidah terus mengajak masyarakat agar penuh kesadaran mendukung langkah yang sudah diambil Pemerintah. Sudah tepat dilakukan Penyekatan. Bentuk ikhtiar ini harus diikuti kesadaran masyarakat untuk patuh apa yang sudah diambil Pemkot Surabaya.

Dia prihatin atas insiden pengrusakan yang terjadi di Suramadu. Dia sangat memahami situasi yang dihadapi masyarakat saat ini. Semua merasakan hal yang sama. Namun semua dilakukan Pemerintah adalah demi menghindari kerugian yang lebih besar. 

Saat ini faktanya adanya lonjakan covid-19 di Bangkalan. Penyekatan di jembatan Suramadu pun dilakukan. Tidak hanya sisi Surabaya, tapi sisi Bangkalan juga dilakukan hal yang sama. Kedua daerah ini memang berdekatan. 

Jangan sampai ada pengrusakan saat terjadi penumpukan di tol suramadu beberapa waktu lalu."Semua berharap tak ada lagi pengrusakan. Solusinya mari bersama-sama mendukung upaya Pemerintah mengatasi pandemi. Jangan sampai ikhtiar baik ini disalah artikan," kata Laila.

Laila melihat bahwa perhatian Pemkot Surabaya dan Pemprov Jatim sudah luar biasa terhadap masyarakat. Pemkot juga sudah maksimal melakukan upaya menghentikan lonjakan penyebaran covid pasca Bangkalan.

“Pemkot dan Pemprov sudah seharusnya terus bersama-sama agar covid tidak semakin menyebar. Sekali lagi, mari kita dukung bersama," kata Laila.

Meski demikian perlu juga dipikirkan solusi atas situasi saat ini. Laila yang merupakan wakil dari PKB di DPRD itu mencermati bahwa upaya Penyekatan yang sudah baik itu harus diikuti kepekaan bersama. Terutama terkait keberadaan para pekerja.

Laila terus mendapat laporan warga. Mereka yang dari Bangkalan dan Madura setiap hari bekerja mencari nafkah untuk keluarga harus menghadapi Penyekatan. Setiap hari juga di Swab di lokasi Penyekatan. 

"Mari problematika ini harus dicarikan solusi. Saya yakin warga tidak akan menolak di Swab. Tapi kalau setiap hari, psikologis mereka terpengaruh. Mari dicarikan solusi terbaik khusus untuk pekerja ini," tanda Laila. 

Kondisi tersebut saat ini tengah dikeluhkan warga. Kembali peran Pemerintah dinantikan. Pemkot Surabaya dan Pemprov Jatim harua berembuk dengan semua pihak mencarikan solusi untuk mereka. 

 

DPRD Dukung Penyekatan

Pimpinan DPRD Surabaya pada Kamis malam kemarin kompak turun langsung ke lokasi Penyekatan di Suramadu sisi Surabaya. Mereka meninjau lokasi tes swab antigen dan screening di penyekatan Pintu Tol Suramadu ini.

Tiga pimpinan DPRD yakni, Wakil Ketua DPRD Laila Mufidah, Wakil Ketua AH Thony, dan Wakil Ketua Reni Astuti turun langsung di Penyekatan Suramadu. Ketiganya mengapresiasi langkah ini. 

Penyekatan yang dilakukan oleh Pemkot Surabaya ini untuk melindungi warga Kota Surabaya dan warga yang lain. Langkah ini sekaligus untuk menekan penyebaran Covid. "Kami dukung dan apresiasi langkah ini," kata Wakil Ketua DPRD AH Thony.

Dia melihat ada hasil yang bagus. Pelaksanaan Penyekatan pun terus dievaluasi agar swab berjalan efektif dan nyaman untuk warga. Hasil Swab positif perlu disampaikan terbuka tidak dalam rangka menakut-nakuti. Tapi demi melindungi semua warga. alq