Heran! Cuma Logo BTS, Kok Laris!

BTS Meal, paket makanan yang membuat gedai McD diserbu banyak membeli yang berimbas terjadinya kerumunan di sejumlah geraiMcD.

McD Akui Brand BTS Daya Tariknya, Paket Menunya Cuma Biasa

 

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Rabu (9/6/2021) lalu, BTS dan McDonald's membuat geger seantero Indonesia. Boy grup asal Korea itu berkolaborasi dengan makanan cepat saji asal Amerika dengan mengeluarkan produk makanannya bernama 'BTS Meal'. Isinya hanya satu kotak nugget ayam, french fries, reguler cola serta dua saus signature yakni cajun dan sweet sour. Semuanya dibungkus dalam paper bag bertuliskan 'BTS Meal'. Program yang sedianya akan hadir selama satu bulan kedepan, yakni hingga Juli 2021, harus ditutup lebih cepat. Pasalnya, baru diluncurkan perdana 9 Juni 2021 serentak. Membuat kerumunan tanpa prokes. Alhasil, kini, Satgas Covid-19, Kepolisian dan Satpol PP langsung men-take down program tersebut. Bahkan, McDonald's diminta untuk melaporkan mekanisme program tersebut tanpa menimbulkan kerumunan. Alhasil, melihat kondisi saat ini, BTS Meal yang disebar di 50 negara dunia, hanya di Indonesia yang ditutup paksa. BTS menangis, para Army pun hanya meringis. 

Rabu (9/6/2021) kemarin, BTS Meal di McDonald's (McD) sempat membuat kerumunan di tiga gerai Surabaya. Bahkan satu gerai McD didenda Rp 5 juta dan pemesanan online dihentikan. Mengantisipasi kerumunan, petugas gabungan melakukan pengawasan di 15 gerai McD di Surabaya.

 "McD kami sudah koordinasi dengan Polrestabes, seluruh camat yang ada gerai McD kita minta bersama 3 pilar untuk melakukan pengawasan," kata Kepala Satpol PP Surabaya, Eddy Christijanto saat ditemui di lokasi Penyekatan Suramadu, Kamis (10/6/2021).

Eddy menjelaskan sejak Kamis (10/6/2021), aplikasi BTS Meal dihentikan. Sebelum kembali membuka kembali pemesanan online, pihak McD wajib menyampaikan kepada 3 pilar yang ada di kecamatan, polsek, dan koramil seperti apa mekanismenya sehingga tidak menimbulkan kerumunan.

"Kalau misalnya nanti ada terjadi kerumunan lagi, kami Satpol PP akan melakukan penyegelan dan penutupan. Kemarin beberapa gerai sudah kami beri peringatan, dan satu gerai sudah diberi denda administrasi Rp 5 juta oleh kecamatan," jelasnya.

Bila nantinya, lanjut Eddy, masih menimbulkan kerumunan, gerai McD tersebut akan disegel permanen oleh Satpol PP dengan Pol PP Line.

Hingga hari kedua ini, pihak manajemen McD belum ada yang mengajukan mekanisme pemesanan online tanpa menimbulkan kerumunan. Pihak manajemen bisa menyampaikan mekanisme kepada kecamatan dan disampaikan ke Satpol PP kota. "Belum ada laporan ke saya. Cukup ke kecamatan, tidak perlu ke kota, masuk ke kapolsek, camat dan koramil," ujarnya.

Aplikasi pemesanan melalui online, kata Eddy, masih dihentikan sementara. Dan pemesanan hanya melalui drive thru saja agar tidak terjadi kerumunan.

"Kecamatan kita siapkan, pemkot Satpol PP, linmas kita siapkan. Kita ada posko di Satpol PP lantai 3, ada gabungan. Polisi, TNI, Linmas, Satpol PP sewaktu-waktu bisa bergerak," pungkasnya.

 

BTS Meal Dicabut

Sementara, dari pantauan Surabaya Pagi di McDonald's Plasa Marina, salah satu gerai dari tiga gerai yang ditegur keras oleh 3 Pilar, Kamis (10/6/2021) kemarin, kondisinya sudah normal. Banner dan atribut promosi 'BTS Meal' tidak tampak di gerai. Bahkan, promo BTS Meal di aplikasi sudah tidak ditampilkan.

Antrian driver ojek online dan pengunjung, sudah normal seperti biasa. Tanpa ada kerumunan. "Mulai hari ini (Kamis kemarin, red), di McD Marina, pemesanan BTS Meal sudah kami tutup sementara hingga waktu yang belum ditentukan," ujar salah satu supervisor McD Marina yang meminta namanya tidak dikorankan.

Dirinya mengaku, baik di aplikasi dan di gerai, oleh manajemen sepakat untuk dihilangkan sementara. "Di toko juga tidak kita jual. Ini sudah keputusan dari seluruh McD se Surabaya kemarin mas. Ini mengantisipasi adanya kerumunan lagi. Jadi kami saat ini sedang berkoordinasi lebih lanjut terkait program ini, untuk dilaporkan ke aparat," lanjutnya.

 

Paket Biasa

Saat ditanya, apa yang berbeda antara program 'BTS Meal' dengan paket McD lainnya, supervisor itu menjawab tak ada bedanya. Menurutnya hanya brand BTS, grup asal Korea itu yang menjadi daya tarik. "Tak ada bedanya sih mas. Hanya ada BTS-nya saja. Malah ada promo yang lebih menarik ketimbang BTS Mealnya itu," jawabnya.

Sedangkan, beberapa driver ojek online, yang sedang mengantre Kamis kemarin, menceritakan kisahnya saat ikut mengantri program BTS Meal, Rabu kemarin.

 

Ojol Heran

Ditemui Surabaya Pagi di depan gerai McD Marina, Sasongko, salah satu ojol, cukup kaget dengan yang makanan hanya menampilkan logo BTS bisa laris. "Lha iya mas, wong cuma ada logo BTS, trus jualnya cuma segitu. Kok laris sekali," ceritanya.

"Saat antrian Rabu kemarin, ratusan ojol sempat emosi karena harus menunggu kurang lebih 2-3 jam. Belum lagi kastemer juga cerewet," lanjut Sasongko.

 

Ditutup Sementara

Sementara, McDonalds Indonesia mengakui bahwa saat ini serentak seluruh Indonesia, BTS Meal ditutup. Hal ini diungkapkan Associate Director of Communication McDonald's Indonesia Sutji Lantyka. Dia menambahkan penutupan beberapa gerai dilakukan untuk sementara waktu.

“Kami sangat berterima kasih atas antusiasme masyarakat yang sangat besar akan BTS Meal. Perihal penutupan sementara beberapa gerai McDonald’s, keselamatan dan keamanan konsumen dan pelanggan adalah prioritas McDonald’s Indonesia, penutupan dilakukan untuk sementara waktu, demi menghindari kerumunan antrian drive thru dan pembelian delivery. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," ujarnya pada keterangan resmi yang diterima Surabaya Pagi, Kamis (10/6/2021).

Sutji juga menjelaskan bila untuk keamanan, gerai McD akan memberlakukan buka tutup order pada platform pemesanan. Hal itu untuk menghindari penumpukan antrian yang memicu kerumunan. Untuk itu, McDonald's Indonesia terus menghimbau untuk menjaga dan mentaati protokol kesehatan sesuai aturan.

 

Hingga Juli 2021

Nah, untuk para ARMY yang belum sempat kebagian BTS Meal jangan khawatir dan berkecil hati. Pasalnya, McDonald's Indonesia mengatakan bila menu tersebut akan ada sebulan ke depan. Dengan demikian, pecinta boyband pelantun Dynamte dan Butter itu masih bisa mendapatkan BTS Meal hingga Juli 2021.

"Kami ingin menginformasikan kembali bahwa BTS Meal bukan hanya tersedia hari ini saja, melainkan selama sebulan ke depan, sehingga kepada seluruh pelanggan tidak perlu tergesa dan khawatir akan kehabisan produk ini,” tutup Sutji.

 

Chef Tak Paham

Meski begitu, antusiasme Army, dan beberapa artis Indonesia sempat merasakan BTS Meal. Bahkan menilai, produk BTS Meal biasa saja. Salah satunya Chef ternama, Renatta Moeloek, juga sempat mencicipi makanan cepat saji tersebut.

Melalui akun Instagram pribadinya @renattamoeloek, Chef Renatta Moeloek mengaku tidak paham dengan fenomena BTS Meal yang tengah hype ini. "Tidak paham," tulis Chef Renatta dilansir Galamedia dari akun Instagram @renattamoeloek pada Kamis, (10/6/ 2021).

Dalam unggahan yang sama Renatta Moeloek juga mengungkapkan bahwa dirinya mengaku takjub dengan fenomena BTS.

Di sisi lain dirinya juga mengaku prihatin atas hebohnya makanan cepat saji dengan bertajuk 'BTS Meal'. "Fenomena yang membuat saya takjub sekaligus prihatin," tulis Chef Renatta Moeloek.

Seperti yang diketahui, di sosial media Twitter, tagar #BTSMeal sempat trending di posisi puncak Twitter. Selain itu, para Army atau fans BTS ini berterima kasih atas kesabaran ojol yang sabar mengantre berjam-jam untuk menunggu pesanan mereka. Dalam postingan tersebut, ia memasang foto dua bungkus nugget ayam, dua minuman yang berwara ungu berserta dua pasang saus yang merupakan bagian dari menu BTS Meal. alq/fem/erk/cr3/rmc